BNFC Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus (LDK-CP)

Pada tanggal 2 Juli 2021, BNFC mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk para Calon Pengurus di BNFC. Acara ini terdiri dari 2 sesi yang dilaksanakan pada pukul 10.00 – 12.00 WIB untuk sesi pertama dan 13.20 – 16.35 WIB untuk sesi kedua. Pada masing masing sesi membahas berbagai macam topik pembicaraan yang berbeda. Topik pada sesi tersebut juga dibawakan oleh pembicara yang berbeda beda.

Pada sesi pertama, topik yang pertama kali dibahas adalah “Strategic Planning for Leaders” yang dibawakan oleh dosen BINUS Ibu Shinta Amalina. Topik ini membahas mengenai bagaimana seorang pemimpin membuat sebuah perencanaan yang dapat direalisasikan. Topik ini diberikan kepada calon pengurus agar para calon pengurus dapat membuat perencanaan yang realistis serta dapat merealisasikan perencanaan tersebut demi mencapai tujuan yang diinginkan di BNFC.

Topik yang kedua untuk sesi pertama adalah “Administration and Operation” yang dibawakan oleh Ibu Widdy dari SCAC BINUS Alam Sutera. Topik ini membahas bagaimana organisasi di BINUS beroperasi dan melakukan administrasi. Para calon pengurus diharapkan agar menjalankan kegiatan organisasi dengan adanya transparansi terhadap pihak BINUS serta mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Lalu, administrasi yang dimaksud dalam topik ini adalah seperti cara meminjam Zoom Meeting, membuat surat, dan lain-lainnya. Hal ini diajarkan kepada calon pengurus agar calon pengurus dapat melakukan kegiatan administrasi dengan baik di dalam organisasi BINUS.

Sebelum melanjutkan acara sesi kedua, peserta diperbolehkan untuk istirahat selama 1 jam 20 menit. Setelah istirahat, acara dilanjutkan dengan sesi kedua yakni dengan topik “Finance and Compliance”. Topik ini dibawakan oleh Kak Angel dari SCAC BINUS Alam Sutera. Topik ini membahas mengenai pengolahan keuangan dalam organisasi. Dengan demikian para calon pengurus dapat mengetahui bagaimana cara mengolah keuangan BNFC.

Selain keuangan, para calon pengurus juga diberikan materi mengenai “Branding” yang dibawakan oleh Shinta Putri yang merupakan salah satu pengurus di BNFC sekaligus wakil ketua divisi Creative and Business (CNB) di BNFC. Materi ini bertujuan agar calon pengurus dapat mengetahui cara menciptakan image atau branding yang dapat membedakan BNFC dengan organisasi lainnya.

Selanjutnya, Maria Divina yang juga merupakan salah satu pengurus BNFC sekaligus ketua divisi Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) membawakan materi yang terakhir, yaitu mengenai “Regeneration”. Materi diberikan pada calon pengurus agar dapat melakukan perpindahan tanggung jawab yang ada di BNFC dengan baik. Dengan demikian, BNFC dapat terus berlanjut dengan adanya perpindahan tanggung jawab kepada generasi selanjutnya.

Sebelum acara LDK-CP berakhir, MC (master of ceremonies) mengumumkan calon-calon pengurus yang meraih penghargaan Best Activists, yaitu Hendricus Bernard, Hari Cahyo Subandi, dan Jocelyn Adonia Kwo. Acara LDK-CP ditutup dengan Post-Test yang wajib diisi oleh para calon pengurus dan sesi foto bersama dengan seluruh pengurus dan calon pengurus yang mengikuti acara Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus BNFC.

Brian Steven Lim