EXPO BNFC 2020

EXPO BNFC 2020

EXPO merupakan salah satu acara yang biasa dilakukan oleh Binus University yang diselenggarakan pada hari terakhir pada pelaksanaan FEP (Freshmen Enrichment Program) bagi mahasiswa baru. Pelaksanaan kegiatan EXPO ini dilakukan ditiap-tiap kampus Binus University, dengan menyediakan sarana bagi himpunan atau organisasi untuk mempromosikan himpunan atau organisasi mereka kepada calon mahasiswa. Dan di acara ini, mahasiswa baru boleh mendaftarkan diri mereka untuk bergabung ke dalam himpunan atau organisasi sesuai dengan minat mereka. Namun karena dunia tak terkecuali negara kita tengah menghadapi pandemi yang belum kunjung membaik, Binus University memutuskan untuk melaksanakan EXPO secara virtual, untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan organisasi atau himpunan yang ada di Binus University

Binus Finance Club telah berhasil melaksanakan EXPO virtual. EXPO ini telah dilakukan sebanyak empat kali atau dari batch 1 hingga batch 4, yang dilaksanakan pada 16 Juli, 23 Juli, 6 Agustus dan 13 Agustus. Kegiatan EXPO yang dilakukan oleh BNFC dilakukan setiap hari Kamis di pukul 15.00 – 16.00WIB. Tujuan diadakannya EXPO ini adalah untuk memperkenalkan BNFC kepada mahasiswa baru yang mungkin tertarik untuk bergabung bersama keluarga besar dari BNFC.

Selama satu jam, kami dari pengurus dari BNFC, membuat serangkaian acara yang dimana dari awal hingga akhir acara, diharapkan informasi yang diberikan bermanfaat dan acara yang berlangsung tidak membosankan.

Sebelum acara dimulai, panitia akan menampilkan video yang sudah dibuat oleh kepengurusan BNFC yaitu video perkenalan mengenai Finance dan juga video singkat mengenai BNFC. Setelah itu, pembawa materi akan mulai menjelaskan mengenai visi dan misi dari BNFC dan program kerja yang diterapkan oleh BNFC hingga tahun kedepan. Selain itu, perwakilan dari tiap-tiap divisi yang ada di BNFC, yaitu dari KSPM (Kelompok Studi Pasar Modal), HR (Human Resources), dan CNB (Creative and Business) menjelaskan program kerja yang ditetapkan oleh tiap-tiap divisi.

Selanjutnya, pengurus dari BNFC juga menjelaskan mengenai keuntungan apa saja yang didapatkan oleh mahasiswa baru yang mendaftar. Keuntungan yang didapatkan antara lain seperti lebih mengetahui keuangan dan investasi lebih lanjut, dapat berkunjung ke bursa efek, pengalaman dalam berorganisasi, dan sebagainya.

Acara yang dibuat oleh pengurus BNFC tidak hanya seputar materi, namun kami juga telah mempersiapkan hiburan berupa games dengan hadiah menarik. Di segmen ini, para peserta terlihat sangat antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan. Pertanyaan yang diajukan antara lain adalah seputar materi yang telah dibahas oleh pembawa materi mengenai BNFC seperti visi dan misi dan program kerja dari divisi-divisi. Tidak hanya itu, pertanyaan seputar investasi dan keuangan juga dilontarkan yang dimana pertanyaan tersebut juga dijawab antusias oleh para peserta.

Dan yang terakhir, sebelum EXPO ditutup, pembawa acara membuka segmen QnA yang dimana tiap peserta dapat melontarkan pertanyaan yang ingin diajukan kepada kakak-kakak dari BNFC. Lagi-lagi karena rasa ingin tahu yang besar mengenai BNFC, para peserta terlihat sangat antusias untuk memberikan pertanyaan. Sesi QnA ini berlangsung kurang lebih 10-15 menit.

Tidak terasa satu jam telah berlalu, dan saatnya kami harus berpamitan bersama peserta yang sudah berpartisipasi dalam acara tersebut. Semoga dengan diadakannya EXPO yang sudah berlangsung selama empat kali ini, dapat membantu para mahasiswa untuk memilih organisasi atau himpunan yang tepat dan sesuai dengan keinginan mereka. Terima kasih atas partisipasinya!

Sampai bertemu lagi!