Webinar “Rahasia Trading Profit Konsisten”

Pada tanggal 1 Oktober 2021, BNFC mengadakan webinar melalui Zoom yang berjudul “Rahasia Trading Profit Konsisten”. Webinar ini bertujuan untuk mengedukasi Binusian mengenai cara trading yang secara konsisten menghasilkan profit. Acara webinar ini dibawakan langsung oleh Jimmy Dimas Wahyu, Presiden Direktur JIS Kapital Utama dan Luqman El Hakiem, Direktur Utama PT Sahamology Digitel Investama.

Pada sesi pertama, Jimmy Dimas Wahyu membawakan topik “Rahasia Trading Profit Konsisten”. Pada sesi ini, Jimmy menyebutkan bahwa terdapat lima rule utama. Rule pertama adalah bahwa investor atau trader terbaik adalah diri sendiri yang berarti bahwa seorang investor harus memiliki kepercayaan diri. Rule kedua adalah bahwa investor harus mengenal diri sendiri dengan baik. Rule ketiga adalah bahwa investor harus mengetahui jati diri investasinya, contohnya investor, position / long-term trader, swing trader, atau day trader (scalper). Rule keempat adalah bahwa investor harus mengetahui candlestick dan makna di balik candlestick tersebut. Rule kelima adalah bahwa investor harus mengetahui trend saham, seperti uptrend, downtrend, dan sideways trend. Setelah penjelasan materi oleh Jimmy, Jocelyne sebagai MC melanjutkan acara menuju sesi QnA yang akan dijawab oleh Jimmy juga.

Pada sesi kedua, Luqman El Hakiem membawakan topik “Konsisten dalam Trading untuk Profit: Kombinasi Ilmu dan Disiplin untuk Bertahan di Market”. Pertama-tama, Luqman menjelaskan perbedaan investasi dan spekulasi, klasifikasi aset investasi berdasarkan bentuk: physical form dan paper/digital form, perbedaan investor dan trader, serta perbedaan investasi dan trading. Lalu, Luqman menyebutkan dan menjelaskan lima langkah menjadi trader sukses: memiliki pengetahuan dasar tentang saham, menggunakan metode untuk melakukan analisa saham, memiliki rencana transaksi yang tepat, memiliki proses untuk mengatur keuangan dan risikonya, serta memiliki mindset yang positif tentang perdagangan saham. Kemudian, Luqman menyebutkan evolusi trader yang bertumbuh dari growth investor, trend follower, swing trader, day trader, sampai intraday trader. Konsep evolusi trader ini dijelaskan masing-masing oleh Luqman bersamaan dengan tools atau metrik yang digunakan oleh trader tersebut. Setelah menjelaskan metode dan patokan trading, Luqman menjelaskan mengenai konsep money management dan trading flow. Setelah penjelasan materi oleh Luqman, MC melanjutkan acara menuju sesi QnA yang kedua.

Pada sesi terakhir, Jimmy Dimas Wahyu dan Luqman El Hakiem memberikan kata-kata penutup dan MC menunjukkan slide exit ticket dimana peserta dapat memindai QR code pada layar atau mengisi forms melalui link yang tertera pada slide tersebut juga. Sebagai penutup acara, BNFC mengadakan sesi dokumentasi foto bersama peserta, panitia dan para pembicara.

Samuel Christian