Level Up: Unlocking Your Financial Management

Pada tanggal 11 Oktober 2021, BNFC mengadakan acara P2M (Pengabdian kepada masyarakat) dengan mengusung tema Financial Management. Acara dilakukan selama 5 hari dari tanggal 11 Oktober 2021 hingga 15 Oktober 2021 dengan topik yang berbeda namun tetap di dalam ranah Financial Management dengan judul utama acara yaitu Level Up: Unlocking Your Financial Management. 5 hari dengan 5 topik berbeda, yaitu:

  1. Financial IQ oleh Andreas Wiharjo, S.M, CPMM dan Jhoni Young, S.Kom, CPMM.
  2. How to Manage Our Budget oleh Andy Daniswara S.Kom, M.M, CFP
  3. Investasi vs Tabungan oleh Dian Angelene, MAcc (Master of Accounting).
  4. Make Asset Work for Us oleh Max Garcia, CFP. 
  5. How to Reach Financial Freedom oleh Indra Kesuma Lingga Putra, S.Kom

Selama 5 hari BNFC mengadakan acara ini dengan tujuan memberikan edukasi bagi masyarakat Indonesia. Acara ini dibuka untuk publik dan tidak dikenakan biaya apapun. Serta acara ini dilakukan dengan adanya sesi training didalam nya yang dimana dapat membantu para peserta lebih mengerti. Karena dengan adanya praktek maka diharapkan materi lebih terserap dengan baik oleh para peserta. Peserta yang mengikuti sesi pun beragam dari berbagai daerah. Serta selama sesi, para peserta sangat interaktif dan antusias sekali saat sesi QnA di buka. 

Pada sesi 1, pembicara membawakan materi Financial IQ sebagai dasar dan pembuka. Materi yang dibawakan adalah apa itu financial IQ, mengapa dibutuhkan? Dan pada saat sesi training, pembicara mendemonstrasikan mengisi balance sheet dan peserta membuat balance sheet sesuai dengan yang pembicara demokan. 

Pada sesi 2, pembicara membawakan materi How to Manage Our Budget. Sesi ini membahas lebih detail pada topik bagaimana cara mengatur uang kita. Pembicara juga memberikan tips and trick bagaimana mengatur keuangan yang baik. Dan training yang diberikan berupa template tabel budgeting yang dibuatkan oleh pembicara. 

Pada sesi 3, pembicara membawakan materi Investasi VS Tabungan. Sesi ini membahas tentang apa perbedaan investasi dan tabungan. Dan yang mana yang lebih cocok bagi setiap individu. Serta pada saat sesi training, pembicara memberikan training berupa bagaimana menghitung present value dan future value. 

Pada sesi 4, pembicara membawakan materi Make Asset Work for Us. Pada sesi ke-4 ini, pembicara lebih senang berinteraksi dengan peserta sehingga pada saat sesi, peserta lebih interaktif. Sesi ke-4 ini, pembicara menjelaskan tentang aset apa yang paling baik dan apa yang harus dilakukan untuk membuat aset tersebut bekerja. 

Dan pada sesi ke-5 yang merupakan sesi terakhir yaitu How to Reach Financial Freedom. Pada sesi terakhir ini merupakan tujuan akhir dari workshop ini yaitu kami mengharapkan dengan mengatur keuangan dengan baik maka nantinya akan ada financial freedom kedepannya.

Shinta Putri