SEKOLAH PASAR MODAL

WEBMINAR SEKOLAH PASAR MODAL

BERSAMA BEI

Jumat, 5 Juni 2020, BNFC telah menyelenggarakan seminar online mengenai SEKOLAH PASAR MODAL. Dalam webminar pada kali ini terasa spesial karena BNFC bekerja sama dengan BEI untuk membantu memeriahkan webminar kali ini. Bersama kak Fadly Fatah yang merupakan perwakilan dari Bursa Efek Indonesia, hadir menjadi pembicara untuk membagikan ilmu kepada teman-teman yang hadir mengenai Pasar Modal.

Webminar tersebut diawali dengan pengenalan mengenai Pasar Modal. Pengenalan ini dimaksudkan agar teman-teman yang belum familiar mengenai pasar modal, dapat mengenal lebih jauh lagi tentang apa sih pasar modal itu, dan ada apa saja yang terdapat di dalamnya. Kak Fadly juga membagikan sharing mengenai pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh pelajar, seperti mengapa kita perlu menjadi investor? Padahal kan masih mahasiswa, yang sebenarnya nabung di celengan atau di bank juga tidak masalah. Kak Fadly menjawab pertanyaan tersebut dengan memberikan beberapa manfaat yang akan didapat teman-teman semua jika memulai diri untuk berinvestasi sejak dini. Seperti bagaimana uang yang akan diinvestasikan tentu saja akan diolah, dimana uang tersebut tidak hanya akan diam atau malah terpotong bunga seperti yang terjadi jika kita menabung di bank, dan sebagainya.

Tidak hanya membahas mengenai pentingnya investasi, kak Fadly juga memperkenalkan seberapa banyak emiten yang ada di Indonesia, lalu mengenai produk yang terdapat di pasar modal seperti obligasi, reksadana, dan saham, mengenai struktur pasar modal, memperkenalkan konsep dasar saham, dan sebagainya. Dalam memperkenalkan konsep dasar saham terutama, kak Fadly menggunakan ilustrasi lucu dan menarik, yang membantu teman-teman untuk agar lebih mudah dipahami.

Tidak terasa sekitar satu jam kak Fadly berbagi pengetahuan, di sesi terakhir adalah sesi tanya jawab. Tidak disangka bahwa teman-teman yang hadir sangat antusias untuk memberikan pertanyaan kepada kak Fadly seputar dengan materi pada hari ini. Antusias teman-teman yang besar membuat panitia memutuskan untuk menyeleksi kira-kira pertanyaan apa yang sangat bagus untuk dijawab. Beberapa pertanyaan yang dijawab diantaranya adalah dimana kak Fadly menegaskan bahwa jangan dibiasakan untuk kita menyebutkan “main saham” atau “main reksadana”. Namun biasakanlah untuk menggantikan kata itu dengan sebutan “investasi saham” atau “investasi reksadana”. Kemudian kak Fadly juga menjawab pertanyaan partisipan mengenai alasan  mengapa beberapa produk reksadana ada yang tersuspend beberapa hari terakhir, hingga menjelaskan pengertian mengenai “saham gorengan” yang sering dipertanyakan karena namanya yang unik.

Webminar ini berlangsung selama kurang lebih dua setengah jam. Dengan adanya webminar “SEKOLAH PASAR MODAL” kali ini diharapkan agar teman-teman semua semakin termotivasi untuk berinvestasi, atau juga memperkenalkan kepada teman-teman yang belum familiar seputar dengan investasi saham, reksadana, dan obligasi.

Terima kasih atas partisipasi teman-teman yang sudah mengikuti event ini! Sampai bertemu di event-event yang akan datang!