BSLC CAREER PREPARATION 2023: VISION

Pada hari Jumat, 20 Oktober 2023 dan Minggu, 22 Oktober 2023 BINUS Student Learning Community menyelenggarakan kegiatan Career Preparation. Career Preparation merupakan sebuah program kerja baru di BSLC yang mengambil tema VISION : Valuable Insight & Strategies for your Career Opportunities. Tema dan tagline tersebut dipilih karena sesuai dengan tujuan utama dari diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk memberikan tips dan strategi mengenai persiapan-persiapan yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebelum masuk ke dunia kerja.

BSLC Career Preparation 2023 terbagi ke dalam 2 rangkaian acara utama, yakni sosialisasi dan workshop. Sosialisasi Career Preparation dilangsungkan dengan membuka jasa CV Review gratis bagi para Binusian Bekasi. Untuk mendukung acara sosialisasi, BSLC juga mengadakan kerjasama dengan Kerjago.id yang tentunya sudah berpengalaman dalam mengulas CV sehingga hasil ulasan yang didapat tentunya kredibel dan sesuai dengan CV standar perusahaan besar. Selain untuk mempromosikan acara Career Preparation, kegiatan sosialisasi ini juga bertujuan untuk semakin memperkenalkan eksistensi dari BINUS Student Learning Community di area BINUS Bekasi. Acara sosialisasi berlangsung dari hari Jumat, 13 Oktober 2023 sampai hari Kamis, 19 Oktober 2023. 

Setelah sosialisasi, terdapat workshop yang merupakan kegiatan inti dari BSLC Career Preparation yang  berlangsung selama 2 hari secara daring menggunakan Zoom Meetings. Melalui kegiatan ini, teman-teman akan diberikan penjelasan mengenai 3 materi, yaitu bagaimana cara menyusun CV yang menarik, cara membuat dan menggunakan LinkedIn, serta tips untuk menjawab interview. Acara workshop Career Preparation terbuka untuk umum sehingga teman-teman yang berasal dari luar BINUS University tetap dapat mengikuti acara hanya dengan membayar sebesar Rp 15.000,00.

Acara hari pertama membahas mengenai bagaimana cara menyusun CV yang menarik. Untuk mendapatkan pengetahuan dan strategi yang relevan, BSLC mengundang General Manager Human Resources dari VINILON Group, Ignatia Gisella sebagai pembicara. Ibu Ignatia banyak sekali memberikan tips serta insight bagaimana CV seharusnya dibuat, standar perusahaan dalam menilai CV calon karyawannya, serta bagaimana cara menyusun CV agar dilirik oleh rekruiter.

Workshop berlangsung dengan sangat kondusif dan peserta juga sangat aktif bertanya saat sesi QnA. Banyak dari peserta bertanya mengenai tips-tips cara membuat dan mengirimkan CV pada perusahaan. Setelah sesi QnA acara dilanjutkan dengan sesi bedah CV. Pada sesi ini Ibu Ignatia membedah dan memperbaiki secara langsung CV yang sudah disiapkan oleh panitia. Kegiatan hari pertama berlangsung selama 2 jam.

Acara hari kedua membahas mengenai cara membuat dan menggunakan LinkedIn, serta tips untuk menjawab interview. Pada hari kedua, BSLC mengundang pemateri lain yang merupakan seorang senior HR consultant dari Headhunter Indonesia, Vidi Rahman Aziz. Pada sesi kedua, Pak Vidi membahas mengenai bagaimana cara menggunakan dan membuat akun LinkedIn sambil dipraktekkan oleh para peserta. Kemudian topik berikutnya adalah mengenai bagaimana cara menyusun LinkedIn terutama untuk mahasiswa dan bagaimana cara menjalin relasi dan berkenalan dengan orang baru melalui LinkedIn. Pada materi ini peserta diminta untuk langsung membuat akun LinkedIn sesuai arahan dari Pak Vidi.

Setelah sesi istirahat, acara dilakukan dengan membahas mengenai interview kerja. Pada sesi ini Pak Vidi banyak membahas mengenai tips dan kunci jawaban dari interview kerja yang menarik dan dapat membuat interviewer terkesan. Pak Vidi juga membahas mengenai pertanyaan-pertanyaan yang menjebak saat interview dan cara melakukan negosiasi gaji.