Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Aktivis BINUS Mandarin Club 2023: “Achieving Excellence and Breaking Limits (追求卓越,突破极限)”

BINUS Mandarin Club (BNMC) merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) BINUS University yang berbasis bahasa Mandarin dan kebudayaan Tiongkok. BINUS Mandarin Club atau yang disingkat dengan BNMC ini pertama kali didirikan pada tanggal 20 April 2000 dengan nama Cung Hua Club. Mahasiswa BINUS University dapat mengikuti kelas belajar bahasa Mandarin dengan berbagai tingkatan yang diselenggarakan oleh BNMC untuk mengasah kemampuan berbahasa Mandarin mereka. Hingga saat ini, BNMC juga telah sukses menyelenggarakan berbagai acara internal maupun eksternal. 

Di samping itu, BNMC juga rutin menyelenggarakan sebuah kegiatan pelatihan bagi para aktivis yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis. Kegiatan ini menjadi sangat penting bagi para calon aktivis untuk mengasah softskill serta hardskill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang aktivis, seperti meningkatkan jiwa leadership dan problem solving. Pada Latihan Dasar Kepemimpinan Mandarin Club (LDKMC-XXIII) tahun ini, BNMC mengangkat sebuah tema yaitu Achieving Excellence and Breaking Limits (追求卓越,突破极限). Tema tersebut diangkat dengan harapan dapat menjadikan dan melatih para calon aktivis menjadi individu yang memiliki keberanian untuk mengambil resiko, keteguhan dalam melaksanakan tugas, dan kesiapan mental dalam menghadapi berbagai rintangan.

Kegiatan ini dilakukan selama dua hari yaitu pada hari Jumat tanggal 24 Maret 2023 dan Minggu tanggal 26 Maret 2023. Kegiatan ini diselenggarakan secara online melalui Zoom Meetings pada hari pertama dan secara onsite di BINUS Syahdan pada hari kedua. 

Pada hari pertama, kegiatan LDK-A dimulai dari pukul 13.00 WIB hingga pukul 17.40 WIB. Kegiatan diawali dengan pengisian link entry ticket bagi para peserta yang sudah memasuki Zoom Meetings. Setelah itu, para panitia meminta peserta untuk mengerjakan pre-test berupa materi pengenalan umum tentang visi misi BNMC, struktur organisasi BNMC, serta kewajiban yang harus dilakukan sebagai aktivis BNMC. 

Sebelum memulai inti kegiatan, terdapat beberapa sesi yang mengawali. Di antaranya adalah pembacaan peraturan oleh MC yaitu Serenity Arwen Wijaya, pemutaran lagu Indonesia Raya, pemutaran lagu Himne BINUS, pembacaan janji calon aktivis, penyampaian kata sambutan dari Project Manager yaitu Devy Ivana Tati dan kata sambutan dari Ketua Umum BNMC 2023 yaitu Nethania Catrice Tiovilda, penjelasan sesi-sesi dalam LDK-A, dan menjelaskan kosakata conversation dalam bahasa Mandarin yang harus digunakan oleh para peserta selaku calon aktivis BNMC. Pembacaan janji calon aktivis juga dilakukan pada hari pertama oleh Nethania Catrice Tiovilda selaku Ketua Umum BNMC serta Kent Alber Fredson selaku perwakilan dari calon aktivis BNMC angkatan ke-24. 

Selain untuk meningkatkan keterampilan peserta, kegiatan LDK-A juga bertujuan untuk membantu mereka mengenal satu sama lain sebelum bekerja sama di BNMC. Para  pengurus dan calon aktivis memperkenalkan dirinya masing-masing secara bergiliran melalui Zoom Meetings. Kegiatan inti LDK-A berisikan materi-materi yang harus dipahami oleh para calon aktivis saat mereka akan dilantik secara resmi di hari kedua nanti. Poin-poin materi yang dibahas adalah pengenalan BNMC oleh Nethania Catrice Tiovilda, pengenalan SCAC oleh Vallerie Graciella, penjelasan mengenai proposal oleh Natalie Wilna Yehuda, penjelasan mengenai Laporan Pertanggungjawaban oleh Amelia Foreman, penjelasan Rencana Anggaran oleh Devisya, penjelasan laporan keuangan oleh Cheryl Wendelin, dan penjelasan Memorandum of Agreement oleh Calvin Chandika. 

Kemudian dilanjutkan dengan sesi sharing alumni yang rutin diadakan di setiap kegiatan LDK-A. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan membagikan pengalaman para alumni selama berada di BNMC. Perwakilan alumni yang menjadi speaker tahun ini adalah Endrew Rudiyono dan Vessny Febriskelly Sisco. Para calon aktivis juga mendapatkan materi “Leadershipyang dibawakan oleh Nethania Catrice Tiovilda. Peserta diwajibkan untuk mencatat poin-poin penting yang sudah disampaikan oleh para pemateri karena akan ada sesi pengumpulan catatan. Sesi dilanjutkan dengan pembacaan studi kasus. Soal-soal dalam studi kasus ini merupakan permasalahan-permasalahan yang akan dihadapi aktivis ke depannya. Sebelum penutupan kegiatan di hari pertama, terdapat sesi briefing pengerjaan proposal yang dilakukan secara berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah ditentukan oleh panitia. 

Pada hari kedua, kegiatan LDK-A dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.20 WIB. Kegiatan ini berlokasi di Kampus Syahdan, BINUS Kemanggisan. Setelah pembukaan dan pembacaan peraturan oleh MC, terdapat sesi refleksi diri untuk para peserta. Para peserta yang telah melakukan pelanggaran baik di hari pertama maupun hari kedua wajib untuk mengakui kesalahannya dan berjanji untuk tidak mengulanginya. LDK-A BNMC berbicara tentang bagaimana cara peserta dapat membangun nilai kedisiplinan dan tanggung jawab dalam dirinya. 

Sesi ini dapat melatih peserta untuk berani menerima segala konsekuensi dari apa yang telah dilakukan selama mengikuti kegiatan LDK-A BNMC. Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan sesi presentasi jawaban atas soal studi kasus yang telah diberikan pada hari pertama. Para peserta juga diberikan waktu untuk merevisi proposal yang telah diperiksa oleh DPI BNMC sebelum sesi pengumpulan proposal dilakukan. Selanjutnya, terdapat sesi briefing funding dan pencarian pembicara mini event. Project Manager dan sekretaris bendahara dalam setiap kelompok akan langsung diarahkan ke ruangan berisikan para pembeli, penjual, dan pembicara setelah mengisi Google Form yang diberikan oleh panitia. 

Terdapat sesi istirahat dan sesi ice breaking yang dibawakan oleh MC untuk mencairkan suasana. Berbeda dengan hari pertama, pada sesi ice breaking ini dibawakan oleh dua orang MC yaitu Serenity Arwen Wijaya dan Leonardo Alonso Kweek. Kemudian sesi dilanjutkan dengan pengerjaan tugas mini event oleh masing-masing kelompok. Setiap kelompok diminta untuk menampilkan hasil pengerjaan tugas mini event secara singkat di depan kelompok lainnya. Sebelum melakukan penampilan, para peserta diberikan waktu untuk melakukan persiapan simulasi mini event. Setelah melakukan penampilan, para peserta diberikan briefing mengenai pengerjaan LPJ dan terdapat sesi pengerjaan LPJ. 

Selanjutnya adalah sesi post-test. Para peserta diminta untuk mengerjakan post-test selama 10 menit dengan mengisi Google Form yang diberikan. Menuju ke puncak kegiatan dari LDK-A yaitu sesi pelantikan calon aktivis di ruangan M2CD. Setelah dilakukan pelantikan, para peserta telah secara resmi menjadi aktivis di BNMC. Terdapat sesi penutupan yaitu kata-kata penutup oleh MC, doa penutup, dan dokumentasi. Setelah itu, para peserta pun pulang ke rumah masing-masing dan peserta dari region Alam Sutera langsung diarahkan untuk berkumpul bersama dan menaiki shuttle bus dari BINUS Kemanggisan menuju ke BINUS Alam Sutera.

Chelsea Terenzia