Seminar “How To Succeed In Your Next Job Interview”

Job Interview merupakan salah satu hal kegiatan yang sangat penting khususnya bagi mahasiswa yang nantinya akan bekerja baik pada program internship maupun saat nanti lulus kuliah. Sangat penting bagi mahasiswa untuk menelaah bagaimana melakukan job interview dengan baik agar dapat diterima di perusahaan yang diinginkan. Dalam upaya membantu mahasiswa agar dapat sukses dalam job interviewnya, maka BINUS Mandarin Club (BNMC) mengadakan sebuah seminar yang berjudul How To Succeed In Your Next Job Interviewpada hari Sabtu, 27 Agustus 2022. Seminar ini dihadiri oleh dua pembicara yang sudah sangat berpengalaman dalam hal ini, yaitu Kak Irsyad Anggoroputro, S.E. yang ternyata juga merupakan salah satu alumni Binus University dan Kak Junar Asunyi, S.Psi. yang merupakan seorang HR content creator.

Seminar ini sendiri dihadiri oleh 133 peserta dan dilaksanakan secara online melalui Zoom Meetings. Seminar diawali dengan pengisian absensi yang dipandu oleh Sdri. Chelsea Terenzia yang merupakan MC dalam seminar ini. Setelah itu, acara dibuka dengan doa pembuka yang kembali dipimpin oleh MC secara universal agar seminar berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir acara. Selanjutnya MC juga membacakan rules yang harus dipatuhi oleh seluruh peserta selama acara ini berlangsung. Kemudian, sebelum sesi dimulai, Sdr. Jerico Asan yang merupakan Project Manager juga memberikan sepatah kata untuk menyambut seluruh peserta.

Setelah acara dibuka, pembicara pertama kami, yaitu Kak Irsyad memulai presentasinya dengan memberikan sharing secara singkat akan pengalamannya saat Ia lulus dari BINUS University sampai menempuh pekerjaannya saat ini. Lalu Kak Irsyad juga membuka sesi ngobrol singkat berupa tanya jawab dengan para peserta untuk membuat seminar ini menjadi lebih interaktif. Setelah berbincang-bincang sejenak, Kak Irsyad menunjukkan agenda kegiatan hari itu untuk memberikan rekap secara singkat. Selanjutnya, Kak Irsyad melakukan pengenalan yang lebih mendalam tentang backgroundnya dan berbagai pengalaman yang telah Ia lewati. Kak Irsyad merupakan seorang mahasiswa alumni BINUS tahun 2018 jurusan management. Ia telah meraih berbagai macam achievement dan sekarang merupakan seorang people acquisition & business partner di Pinhome.

Sebelum memulai materi, Kak Irsyad menunjuk dua peserta untuk memperkenalkan diri dan memberitahukan alasan dan ekspektasi mereka dalam mengikuti seminar ini. Hal ini dilakukannya untuk memastikan bahwa Ia bisa memberikan ekspektasi tersebut dan dapat membantu memberikan edukasi terhadap peserta yang ada. Setelah mendengar dari dua peserta tersebut, dibukalah materi dari Kak Irsyad yang berjudul Acing Your First Job Interview. Pertama-tama, Kak Irsyad menjelaskan akan berbagai jenis interview yang ada seperti structured interview, pararel interview, panel interview dan lain sebagainya.

Selanjutnya, Kak Irsyad memberitahu bagaimana seharusnya kita dalam menjawab pertanyaan pada saat interview. Oleh karena itu, Kak Irsyad mengantisipasinya dengan sebuah metode yang bernama STAR METODE. STAR METODE sendiri adalah Situation, Task, Action, dan Result. Keempat metode ini akan sangat membantu kita dalam mempersiapkan diri sebelum melakukan Job Interview. Situation menjelaskan akan situasi apa yang harus kita capai. Sedangkan task menjelaskan akan sebuah tujuan yang kita kerjakan. Action menjelaskan akan aksi-aksi yang harus kita lakukan dalam situasi tertentu dan yang terakhir merupakan result yaitu hasil dari aksi yang kita lakukan.

Setelah sesi materi Kak Irsyad selesai, tentunya MC memberikan rangkuman singkat akan materi yang sudah dijelaskan. Selanjutnya, sesi dilanjutkan dengan pembicara kedua kami, yaitu Kak Junar yang dibuka oleh MC. Sebelum memulai sesi materi, Kak Junar memberikan sedikit pengenalan diri dan juga pengalaman yang telah dilalui. Kak Junar merupakan seorang mahasiswa Universitas Pelita Harapan jurusan psikologi. Ia memiliki berbagai pengalaman yang menarik seperti menjadi sebuah product specialist dan digital content specialist di Habiskerja.com. Selain itu, Ia juga pernah bekerja menjadi HRGA & Employer Branding di SF group serta menjadi HR intern di FKS group.

Setelah pengenalan singkat, Kak Junar memulai sesi materi dengan menjelaskan akan kesan-kesan pertama yang harus kita berikan di depan HRD. Terdapat 4 poin penting yang dipaparkan oleh Kak Junar yang harus kita perhatikan saat bertemu dengan HRD yaitu penampilan atau cara berpakaian, etika dalam bersikap dan berbicara, etika mengirim lamaran kerja dan bahasa tubuh saat interview. Kak Junar percaya bahwa kita harus mempunyai setidaknya empat hal ini saat melakukan wawancara kerja. Selanjutnya kak Junar menjelaskan akan berbagai persiapan yang bisa kita lakukan sebelum melakukan wawancara kerja dan pertanyaan umum dari HRD serta bagaimana kita menjawab pertanyaan tersebut dengan baik. Sebelum menutup sesi materi Kak Junar juga memberitahukan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat interview dan poin-poin penting yang harus kita ingat saat melamar suatu pekerjaan.

Selanjutnya, MC pun memberikan rangkuman singkat akan materi yang sudah diberikan oleh Kak Junar yaitu kita harus memperhatikan kesan kita kepada HRD karena hal ini sangatlah penting  untuk dapat sukses dalam job interview kita.

Setelah materi dari kedua pembicara telah dikemukakan, kami masuk ke sesi tanya jawab melalui slido. Pada seminar ini, peserta terlihat sangat aktif dan mengirimkan banyak sekali pertanyaan kepada para pembicara. MC pun segera memandu sesi ini dan memberikan kesempatan kepada masing-masing pembicara untuk menjawab pertanyaan yang sudah diberikan.

Acara selanjutnya adalah sesi dokumentasi yang dipimpin oleh Sdr. Harris Kristanto. Setelahnya Kak Irsyad dan Kak junar juga memberikan kata penutup dan pesan kepada para peserta pada seminar kali ini dan tentunya acara ditutup dengan doa penutup yang kembali dipimpin oleh MC. Selanjutnya panitia seminar juga memberikan exit ticket yang dapat diisi oleh seluruh peserta sebelum meninggalkan Zoom Meetings.

Sesi Dokumentasi

Kami mewakili seluruh panitia seminar How To Succeed In Your Next Job Interviewmengucapkan terima kasih banyak terhadap seluruh peserta yang telah mengikuti seminar ini dan berperan secara aktif. Kami juga berterima kasih kepada Kak Irsyad Anggoroputro, S.E dan Kak Junar Asunyi, S.Psi. yang telah meluangkan waktunya untuk bisa memberikan edukasi kepada kita semua.

 

Sheila Angella Canasta