TIPS AND TRICK MENCEGAH HACKING PADA AKUN VIDEO CONVERENCE KAMU!

Sesuai peraturan pemerintah, dalam meningkatkan pencegahan penyebaran virus Corona ini, masyarakat dihimbau untuk melaksanakan Social Distancing. Hal ini mempengaruhi banyak hal dimana masyarakat sekarang mulai melaksanakan banyak kegiatan dari rumah, entah itu bekerja, belajar, bahkan beribadah sekalipun.

Nah smart viewers, kegiatan Social Distancing ini memaksa kita untuk menggunakan apps seperti Zoom Meeting, Google Hangouts, dll. Aplikasi ini dapat membantu kita dalam menjalankan interaksi jarak jauh dengan menggunakan Live Video satu sama lain! Tentunya untuk mencegah penyebaran COVID19 ini.

Namun perlu diketahui nih, baru-baru ini beredar kabar bahwa banyak akun-akun dari Apps yang digunakan untuk Video Converence ini, diretas. Yup, para hacker menggunakan data yang ada untuk mengakses akun-akun yang berkaitan dengan akun email yang kita gunakan pada Apps VidCon ini nih! Wah ngeri ya, apalagi baru diumumkan bahwa BINUS akan menggunakan ZOOM Meeting sebagai sistem perkuliahan f2f wajib! Makin parno? Eits, tapi tenang, BTVC punya tips ‘n trick nih buat kamu untuk mencegah hacking pada akun VidCon kamu! Yuk simak caranya!

 

  1. Pastikan kamu meng-install aplikasi terbaru!

Yap, dalam menggunakan apps VidCon seperti ini, ada baiknya kamu selalu update aplikasi ke keluaran versi terbaru. Hal ini bertujuan untuk menambah fitur-fitur sekuritas yang ditambahkan oleh pihak Developer. Aplikasi umumnya akan melakukan update berkala, guna menambahkan fitur baru serta memperbaiki Bug yang mungkin menjadi celah bagi para hacker untuk mensisipi akun mu! Coba cek, udah install aplikasi terbaru belum? Hehe..

 

  1. Jangan bagikan sembarang tautan!

Kadang, kita suka ceroboh nih, share link / ID / screenshot di jejaring social biar keliatan keren dan uptodate banget. Eitsss, hati-hati Smart Viewers! Id dan password yang Nampak dalam screenshot bisa menjadi celah nih buat para hacker. Kalo mau share, pastiin ID dan password nya udah kalian samarkan ya! Tetep narsis dan aman secara bersamaan guys! 😀

 

  1. Pastikan menggunakan keamanan perangkat.

Nah, ini ga kalah penting. Pastikan gadget kalian memiliki firewall dan perangkat keamanan yang sesuai dan dalam keadaan aktif. Selalu update software keamanan dan anti virus. Ini mencegah terjadinya kebocoran data dan mencegah virus-virus, malware, phising, untuk dapat meretas gadget kalian!

 

  1. Bedakan password setiap akun Media Sosial.

Nah biasanya, kita membuat suatu akun pasti punya password yang sama kaya akun yang lain, karena takut lupa hehehe. NAH! Hati-hati Smart Viewers, hal ini beresiko banget nih! Bisa jadi akun kalian diretas, dan password yang sama ini bisa digunakan untuk mengakses email kalian. Dari email, sang hacker bisa meretas banyak akun lain yang terhubung dengan akun email kalian, aduh, serem ya! Nah makanya, kalian harus pake password yang beda ya! Kalo biasa nama pacar, ganti nama mantan / selingkuhan deh. Jiahaha.

 

  1. Rutin ganti password berkala!

Ga kalah penting nih, beda password bukan berarti akun kamu aman, banyak kejadian dimana akun VidCon mereka diretas dan digunakan untuk menyebarkan hal-hal yang berbahaya dengan fitur VidCon yang ada dengan nama kalian! Untuk itu, kalian harus rutin ya ganti password, pastikan password yang kalian ganti juga memiliki kombinasi angka didalamnya. Biar makin susah. Tanggal jadian boleh, tanggal putus jangan, yuk move on!

 

Nah Smart Viewers, diatas beberapa tips ‘n trick yang kalian bisa gunakan untuk mencegah adanya Hacking dalam VidCon apps kalian. Sebetulnya, masih ada juga cara-cara lain seperti mengaktifkan fitur Lock Meeting, Deactive Account, dan beralih ke versi berbayar. Cuma aku rasa cara-cara diatas cukup untuk melakukan pencegahan hacking penggunaan aplikasi VidCon ini! Okedeh! Semoga info di artikel ini bermanfaat ya! Semangat Smart Viewers, stay safe!

Natanael Agustio