Peran – Peran Penting Dalam Menjalani Industri Pertelevisian

Televisi merupakan bagian dari Media massa yang setiap harinya dapat dinikmati melalui berbagai macam tayangan seperti mendapatkan informasi, edukasi, rekreatif dan juga hiburan. Seiring perkembangan zaman saat ini sudah banyak stasiun televisi swasta maupun nasional. Untuk menjalankan operasional penyampaian informasi pada masyarakat tentunya ada orang yang bekerja dibalik layar untuk memenuhi tujuan dari broadcasting itu sendiri. Mari kita simak siapa sajalah orang yang bekerja dibalik layar tersebut.

  • Program Director TV

Semakin berkualitas dari konten tayangan di televisi tentunya akan dipimpin dengan pemimpin acara. Di dalam industri broadcasting, peran ini disebut dengan Program Director yang berperan dalam mengendalikan serta bertanggung jawab di setiap pelaksanaan produksi sebuah acara. Selain itu peran dari PD ini yaitu melakukan koordinasi dengan semua team yang ada di dalam acara tersebut.

  • Scriptwriting

Seperti namanya peran selanjutnya adalah penulis naskah (scriptwriter). Ia merupakan seseorang yang merancang dialog atau penuntun tataan acara yang sedang maupun yang akan berlangsung. Peran ini biasanya diminati oleh orang yang memiliki kreatifitas maupun bakat dalam bidang menulis.

  • Video Editor

Video Editor merupakan kunci dari terwujudnya sebuah tayangan atau konten yang sudah dirancang oleh produksi program dan penulis naskah. Seorang editor ini akan merealisasikan dan menciptakan harmoni dalam acara. Seperti bagaimana potongan-potongan video yang telah di shot akan menjadi suatu kreasi yang akan dinikmati oleh masyarakat. Skill yang dibutuhkan dalam seorang editor adalah penguasaan dari sebuah aplikasi editing, kreatifitas, keahlian, dan insting estetika.

  • Cameramen

Seorang cameramen biasanya adalah orang yang mengambil footage gambar dan orang yang bertanggung jawab atas pergerakan, penempatan, dan peralatan kamera. Skill yang dibutuhkan dalam seorang cameramen adalah bagaimana ia dapat mencermati dan inisiatif dalam menangkap dari sebuah moment.

  • Audioman

 

Seorang audioman ini lah yang menguasai system audio yang bertanggung jawab atas operasional dari mixer audio bersama kualitas suara yang akan dihasilkan. Secara teknis seorang audioman harus memahami bagaimana instalasi jaringan distribusi audio dan yang mengatasi jika terjadi gangguan dalam bidang audio.

Peran – peran diatas merupakan peran yang sangat penting dalam berjalannya sebuah acara televisi maupun broadcasting sehingga teamwork dan komunikasi dalam industri broadcasting sangat penting karena setiap divisi harus saling berkoordinasi untuk menghasilkan sebuah kualitas yang terbaik dari acara tersebut.

Rovabelitha Berlian