Pecahnya Antusiasme Penonton pada The Sounds Project Vol.6

Festival musik tahunan, The Sounds Project, lagi dan lagi melangsungkan penampilan luar biasa dari musisi dan band dalam negeri yang memberikan kesan tak terlupakan bagi para pengunjung. Pada awalnya, The Sounds Project digarap oleh empat orang mahasiswa sebagai platform musik dengan basis kampus-komunitas. Namun, seiring berjalannya waktu, empat orang pendirinya yang telah menyelesaikan kuliah memutuskan untuk melanjutkan The Sounds Project sehingga lama-kelamaan dikenal sebagai platform penyelenggara konser musik di wilayah Jakarta dan juga Depok.

Tahun ini, The Sounds Project terhitung telah menyelenggarakan festival musik yang keenam dengan mengangkat tema Heaven of Music dan diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 11–13 Agustus 2023 di Ecopark Ancol, Jakarta. The Sounds Project Vol. 6, Heaven of Music, memiliki makna sebuah perjalanan musik yang akan menjadi “rumah” bagi para penikmat musik untuk tiga hari ke depan. Tidak heran, jika The Sounds Project menjadi salah satu event yang ditunggu banyak masyarakat dan memberikan pengalaman yang seru bagi para penontonnya.

Keseruan The Sounds Project Vol. 6 terasa berkat berbagai penampilan yang keren dan bagus dari para musisi yang tampil. Pada event yang keenam ini The Sounds Project mengundang berbagai bintang tamu dari dalam negeri. Terdapat lebih dari 70 band dan musisi yang tampil dari hari pertama sampai ketiga, di antaranya ada band HIVI!, Fourtwnty, Vierratale, Last Child, Kahitna, The Changcuters, Efek Rumah Kaca, D’Masiv, The Panturas, Reality Club, Noah dan lain-lain. Selain itu, juga terdapat penyanyi yang tampil seperti Tulus, Ziva Magnolya, Isyana Sarasvati, Lyodra, Kunto Aji, Ardhito Pramono, Tiara Andini, Rizky Febian, Nadin Amizah, Raisa, Mahalini, Sal Priadi dan masih banyak lagi. 

Dari segi kemanan The Sounds Project sudah tidak perlu diragukan lagi. Bagaimana tidak, para guard panitia disana bisa terdapat di semua titik. Sistem crosscheck keamanan juga tidak perlu diragukan lagi karena acara ini sudah mulai berjalan dari tahun 2015 sehingga bisa dibilang mereka dapat meng-handle acara ini dengan baik. Euforia yang dirasakan dari tahun ke tahun tetap konsisten, yaitu selalu bisa menghadirkan antusias tinggi dari para penonton karena para bintang tamu yang dihadirkan selalu para penyanyi yang menarik banyak penonton. Walaupun situasi disana sangat crowded, terutama hari pertama, namun pihak panitia bisa mengatasi hal itu dengan baik ditambah juga terdapat lima panggung pada hari acara sehingga pembagian para penontonnya merata. Selain para penonton yang interaktif, The Sounds Project juga menghadirkan berbagai macam genre line up musisi sehingga semangat para penonton semaki berapi-api lagi. Jadi tidak heran selama tiga hari berturut-turut festival musik ini selalu ramai oleh penonton.

Pada tahun ini, BINUS TV Club berkesempatan menjadi salah satu campus community partners The Sounds Project Vol. 6 sehingga dapat meliput dan merasakan langsung penampilan luar biasa dari para musisi. Salah satu anggota BINUS TV Club yaitu Sita, yang datang dan menonton langsung acara The Sounds Project  Vol. 6 menyampaikan suasana yang dihadirkan oleh The Sounds Project kali ini berhasil membuat Sita merasa excited. Para line up penyanyi yang dihadirkan juga sangat menarik. Dengan sistem keamanan yang baik, Sita juga merasa aman ketika menonton festival musik ini. Hal yang membuat tambah menarik adalah para bintang tamu dapat membangun koneksi yang baik dengan penonton sehingga para penonton dapat mengikuti alur acara festival musik ini dengan baik. 

Walaupun begitu tentunya setiap hal ada kelebihan dan kekurangan. Menurut Sita masih ada beberapa koreksi seperti beberapa penyanyi yang sangat dinanti-nanti sayangnya memiliki jadwal yang bertabrakan sehingga ia harus memilih salah satu dari bintang tamu tersebut. Namun begitu, secara keseluruhan menurut sita acaranya berjalan dengan baik karena ia menyukai bagaimana cara para penyanyi bisa membangun interaksi yang baik dengan para penonton.

Dengan antusiasme yang begitu tinggi dari para penggemar pada setiap tahunnya, secara keseluruhan The Sounds Project menjadi salah satu festival musik yang tidak dapat dilewatkan bagi para antusias musik karena telah menjadi platform penyelenggara konser yang dipercaya dapat menyajikan konser musik berkualitas tinggi dengan euforia yang berkesan bagi para penonton.

 

Muhammad Zulfikar, Sabrina Rivansa