5 TIPS UNTUK TETAP PRODUKTIF SAAT TINGGAL DIRUMAH SELAMA WABAH COVID-19

Saat ini wabah coronavirus semakin menghambat kegiatan banyak orang. Penurunan kontak sosial yang dilakukakan secara tiba-tiba membuat kecemasan dan ketakutan setiap orang semakin bertambah ditambah lagi melihat rentang waktu yang tidak pasti kapan hal ini akan usai. Namun dilain sisi hal tersebut dilakukan dengan alasan untuk menjaga kesehatan kita juga agar tidak terpapar virus corona. Maka dari itu kami akan membagikan beberapa tips yang menarik untuk dicoba bagi anda untuk tetap memiliki aktivitas yang produktif dan menyenangkan pada saat stay dirumah.

  1. Makan makanan normal, enak, dan sehat.

    Sumber: https://cleananddelicious.com/

    Hanya karena Anda dianjurkan untuk tetap dirumah bukan berarti Anda hanya dapat memakan makanan Fast Food saja. Hal itu dapat menyebabkan pola makanan yang sangat tidak sehat dan nantinya akan melelahkan diri Anda, terdapat beragam cara agar Anda mendapatkan bahan-bahan makanan yang sehat serta memakan makanan normal Anda.

    Pikirkan makanan serta bahan-bahan yang akan Anda gunakan untuk beberapa hari kedepan. Isi freezer anda dengan bahan-bahan makanan yang fresh dan sehat seperti halnya telur, wortel, kacang-kacangan serta beragam macam makanan sehat dan seimbang lainnya yang biasanya Anda inginkan.

  2. Hindari terlalu terisolasi.

    Sumber: https://www.telegraph.co.uk/

    Walaupun Anda tetap berada dirumah bukan berarti Anda harus menjadi orang yang introvert dan tidak melakukan kontak dengan orang disekitar. Dengan melakukan interaksi dengan orang-orang melalui handphone atau FaceTime dan hubungi keluarga serta teman-teman Anda secara teratur akan membuat Anda dan juga mereka tidak merasa kesepian dan bosan saat dirumah.

    Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyebarkan kisah-kisah positif para tenaga medis dan juga mereka yang telah berjuang dari COVID-19 sebagai bahan komunikasi Anda dengan kerabat Anda.

  3. Dapatkan sedikit kebugaran.

    Sumber: http://www.koreaherald.com/

    Terdapat banyak latihan yang  bisa Anda lakukan dan jika dikerjakan dengan serius mampu memantu kesehatan fisik dan mental Anda.

    Berikut adalah beberapa latihan yang dapat Anda lakukan tanpa peralatan apapun, dan YouTube memiliki banyak saluran yang menawarkan instruksi dalam segala hal mulai dari yoga hingga latihan kekuatan. Dan jika Anda masih bisa pergi keluar, tidak ada yang mengalahkan berolahraga Jogging, Anda hanya perlu menghindari saja kelompok besar orang dengan tetap mempertahankan jarak 1-2 meter dari yang lain.

  4. Rencanakan hiburan Anda.

    Sumber: https://www.elitedaily.com

    Lakukanlah hobi atau kegiatan lain yang Anda nikmati seperti menonton film, membaca, mendengarkan radio, dan hal menyenangkan lainnya didalam rumah dengan begitu akan membantumu agar tetap sehat secara emosional.

    Anda dapat membuat daftar judul film ataupun acara yang ingin anda tonton Namun jika menghabiskan waktu untuk menonton terlalu lama membuat lelah maka Anda tidak perlu memaksa untuk diteruskan. Lakukanlah hiburan lain yang lebih meringankan pikiran Anda.

  5. Membersihkan rumah Anda.

    Sumber: https://www.iamexpat.nl/

    Dengan membersihkan dan merapikan rumah tidak hanya mampu menghindari Anda terhadap penyebaran penyakit, tetapi juga membuat Anda menjadi lebih nyaman untuk tinggal berlama-lama di dalam rumah. Anda juga mendapatkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan daftar pekerjaan pembersihan Anda yang mungkin sudah sering sekali ditunda.

Sarah Hadyana Putri