PROGRAM CSR YOU CARE 2021 “YOU COMMIT AGAINST HUNGER” MEMBERIKAN DONASI DAN EDUKASI KEPADA ANAK-ANAK KOLONG JEMBATAN KALIJODO MENGENAI GIZI BURUK

Jakarta, 25 April 2021 – 20 mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara yang tergabung dalam program CSR You Care 2021 menjalankan puncak dari rangkaian program CSR yang mereka adakan di Rumah Belajar Kolong Jembatan Kalijodo dengan bantuan dari YSBM Foundation selaku yayasan yang mengelola rumah belajar tersebut. Kegiatan ini mengangkat tema “You Commit Against Hunger”, yang berangkat dari rasa keprihatinan terhadap masalah kelaparan dan kekurangan gizi pada anak-anak dalam masa pertumbuhan khususnya bagi anak-anak yang hidup di bawah garis kemiskinan. Berangkat dari keprihatinan tersebut, You Care bergerak untuk meningkatkan kesadaran dan menjembatani masyarakat yang tergerak untuk turut serta dalam menuntaskan kelaparan dan kurangnya asupan gizi pada anak. Hal ini direalisasikan dengan memberikan donasi sembako, uang tunai, paket makanan, alat mewarnai juga buku gambar, dan juga memberikan edukasi mengenai isu kesehatan khususnya gizi buruk dan kebersihan.

Setelah berhasil mengadakan kampanye mengenai #7HariGiziSeimbang di media sosial, juga mengumpulkan lebih dari 400 peserta challenge membuat poster bertemakan gerakan melawan kelaparan dan gizi buruk pada anak, dan penggalangan dana yang diselenggarakan oleh You Care pada 10 Maret 2020 hingga 15 April 2021 melalui Kitabisa.com dengan total dana yang terkumpul sebesar Rp 10.234.597,-. Kegiatan CSR You Care ditutup dengan kunjungan langsung ke Rumah Belajar Kolong Jembatan Kalijodo oleh 5 orang perwakilan dari panitia You Care untuk 60 anak yang dididik oleh YSBM Foundation pada Rumah Belajar tersebut. Kunjungan dari You Care disambut dengan antusias yang tinggi dari anak-anak dan warga sekitar, mereka secara inisiatif membantu para panitia untuk membawa barang-barang ke lokasi dan secara aktif mengikuti seluruh rangkaian acara yang dibawakan oleh panitia yang terdiri dari edukasi interaktif mengenai makanan sehat dan bergizi, bermain permainan sederhana seperti pengelompokan jenis makanan sehat dan tidak sehat, dan kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video persembahan dari seluruh anggota panitia You Care yang berisikan pesan penyemangat belajar untuk anak-anak dan ajakan untuk hidup sehat.

Stella Noviana selaku Head Project dari kegiatan CSR You Care secara simbolis mewakili seluruh panitia untuk menyerahkan dana bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 2.000.000,- kepada Reagan Felix Raharjo selaku Ketua YSBM Foundation. Dalam rapat evaluasi CRS You Care Stella menjelaskan “Target kita sebenarnya hanya 60 anak saja. Namun, karena antusias yang tinggi dari para Teman You Care kita berhasil mendonasikan 100 paket makanan, 60 paket sembako, 240 botol air mineral yang dipersembahkan oleh Cleo, 60 buku gambar dan pensil warna lengkap dengan brosur informatif mengenai makanan bergizi kepada anak-anak Rumah Belajar Kolong Jembatan Kalijodo serta warga yang tinggal disekitarnya”.

Program ini adalah salah satu bentuk realisasi langsung dari mata kuliah Corporate Social Response & Social dari fakultas ilmu komunikasi di Universitas Multimedia Nusantara dibawah bimbingan Fakhriy Dinansyah selaku dosen mata kuliah tersebut. Kegiatan ini adalah bentuk kontribusi You Care dalam menerapkan salah satu nilai Sustainable Development Goals (SDG) yaitu No Hunger (Mengakhiri Kelaparan).

Justyne Artha Thehawijaya