BGDJam 2021

Di dalam masa pandemi covid-19 yang tersebar ke seluruh belahan dunia sampai ke indonesia ini membuat orang-orang di diharuskan untuk melakukan kegiatannya sehari-hari di dalam rumah masing-masing yang akhirnya menghambat kegiatan yang memperlukan aktivitas diluar rumah. Namun hal tersebut tidak menghambat semangat para game developer untuk terus berkarya dalam pembuatan game dan lewat kesempatan ini juga para gim developer memiliki waktu lebih dalam pengembangan game.

 

lewat kesempatan ini ukm BGDC (Binus Game Development Club) ingin membuka gerbang kepada para game developer menjadi talenta baru dalam industri game dan juga melahirkan karya-karya yang unik dan menarik dengan mengadakan acara game jam yang bernama BGDJam. Gamejam sendiri merupakan kompetisi pengembangan game di mana satu atau sekelompok orang membuat game dalam waktu yang telah ditentukan dengan tema yang ditetapkan.

 

Acara BGDJam ini telah membuka pendaftaran pada tanggal 17 Juli 2021 sampai 12 Agustus 2021 dan dibuka secara umum dengan jumlah banyak pendaftar sebesar 11 team. Dalam BGDJam ini membawakan 3 juri diantaranya:

  1. Yogi Udjaja,

Dosen Game Application and Technology yang memiliki pengalaman dalam membimbing mahasiswa yang juga mendapat penghargaan menjuarai lomba Gameloft Student Game Development Competition 2018.

  1. Mohammad Fahmi,

Salah satu Indie Game Developer dan Game Designer yang terlibat dalam berbagai macam game seperti Coffee Talk dan What Comes After.

  1. Thomas Galih Satria,

Dosen Computer Science dan Game Application and Technology yang memiliki pengalaman 5 tahun lebih mengajar, meneliti, mengembangkan bisnis laboratorium software, dan pernah menjadi juri Wordskills Asia pada tahun 2018

Dimana mereka menilai game tersebut berdasarkan kriteria yang telah ditentukan para panitia yaitu:

  • Programming : Apakah ada masalah seperti bug, crash, dan lain-lainnya
  • Sound            : Apakah sound yang digunakan sesuai?
  • Graphic             : Apakah visualnya menarik?
  • Gameplay             : Apakah gamenya enak untuk dimainkan?
  • Inovasi             : Apakah terdapat fitur atau mekanik game yang baru dan inovatif

 

Tema BGDJam bersistem terundi dari beberapa tema yang telah disediakan yaitu: Labyrinth Of thoughts, Simplicity in Complexity, Forgotten Past, Recall, Recursion, After the End of the World, The Beginning After the End, Not Even Close, Point of View, Side Effects. Dan dari hasil pengundian tersebut tema yang terpilih yaitu Recursion.

 

Acara BGDJam ini dilaksanakan pada tanggal 19 – 28 Agustus 2021 dengan total durasi pengerjaan yang diberikan BGDJam selama 72 Jam dan dikumpulkan lewat itch.io .

Acara BGDjam ini dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya :

  • 19 Agustus 2021 – Salam pembuka dan pengundian tema lewat livestream Youtube.
  • 22 Agustus 2021 – Deadline upload, Penilaian juri, dan Voting favorit lewat Instagram BGDJam.
  • 27 Agustus 2021 – Deadline voting.
  • 28 Agustus 2021 – Penutup dan Pengumuman pemenang lewat sesi live Zoom.

Dan di akhir lomba BGDJam ini, pemenangnya dibagi menjadi 2 jenis pemenang yaitu: game favorit dan pemenang keseluruhan yang dibagi lagi menjadi 3 kejuaraan yang terdiri dari juara 3, 2, dan 1. Untuk pemenang favorit dimenangkan oleh grup TSM dengan gamenya Re Cursed yang meraih like di Instagram sebanyak 65.

 

Berikut ini juara keseluruhan dari lomba BGDjam

  • Juara ketiga,

Dimenangkan oleh tim Vgamedev dengan gamenya Fractal Screen.

Dengan perolehan score 71,18

  • Juara kedua,

Dimenangkan oleh tim Filosofi Mamen dengan gamenya Crimson Protocol.

Dengan perolehan score 72,2

  • Juara pertama,

Dimenangkan oleh tim TSM dengan gamenya Re Cursed.

Dengan perolehan score 78,53

Juara 3

Juara 2

Juara 1

 

Akhir kata, Kami dari segenap BGDJam ingin mengucapkan selamat kepada pemenang dan ingin berterima kasih kepada para peserta yang ikut berpartisipasi. Bagi yang belum memenangkan lomba BGDJam ini jangan menyerah, jadikanlah kesempetan ini untuk menjadi penyemangat di event selanjutnya.