Podcast dengan GDC

Halo semuanya!

Lima bulan yang lalu, BGDC bekerjasama dengan organisasi kemahasiswaan GDC (Game Development Club) dari Universitas Multimedia Nusantara atau UMN untuk berpartisipasi dalam acara benchmarking yang diadakan BGDC. Benchmarking ini dilatarbelakangi oleh kendala-kendala yang dialami selama masa WFH/LFH, dimana di awal-awal BGDC memiliki kendala dalam beradaptasi dan menjalankan aktivitas, sehingga BGDC mencari masukan dengan melihat bagaimana GDC lainnya beroperasi. Perwujudan dari benchmarking BGDC dengan GDC UMN adalah podcast yang diselenggarakan pihak GDC UMN, dari pihak GDC UMN, Dharmatirta Prajnavira, selaku Ketua GDC UMN merupakan pembicara utama didampingi dengan Ahmad Teguh Ramadhan, selaku wakil ketua GDC UMN juga sebagai moderator podcast. Dari pihak BGDC sendiri, Kevin Phoenix selaku Ketua Umum BGDC menjadi pembicara didampingi Vincent Luwardy dan Jason Paulus yang merupakan Sekretaris BGDC dan Ketua Regional BGDC Alam Sutra.

read more

Beberapa perihal yang disinggung dalam podcast ini yaitu:

  • Struktur organisasi BGDC dan GDC UMN yang tidak berbeda jauh, kepengurusan tertinggi berada di sejumlah pengurus inti dan dibawahnya terdapat divisi-divisi aktivis. GDC UMN memiliki divisi aktivis yang lebih umum antara divisi acara yang mengatur perihal acara/event secara keseluiruhan dan divisi pengajar yang terbagi sesuai dengan materi yang diajarkan. Sementara di BGDC divisi aktivis lebih banyak disesuaikan terhadap jenis tugas yang diberikan terhadap aktivis secara spesifik. Dalam struktur kepengurusan BGDC dan GDC UMN keduanya masih berkembang dan tiap tahunnya sering mengalami perubahan struktur.

 

  • Event yang diadakan UMN tidak jauh berbeda dari BGDC. Setiap tahun GDC UMN mengadakan expo G2X yang bertujuan menarik anggota baru dengan memamerkan game-game yang telah mereka kerjakan. Selain itu GDC UMN juga mengadakan atau berpartisipasi dengan kegiatan kompetisi atau gathering seperti menyelanggarakan site Global Game Jam di Tangerang serta mengundang pembicara-pembicara dari industri game di Indonesia untuk membawakan seminar. Sedangkan BGDC mengadakan Study Tour ke Jepang dan Study Tour Singapore dimana BGDC mengunjungi expo-expo bernuansa game atau kunjungan ke perusahaan-perusahaan game yang ada disana.

 

  • Selama LFH, GDC UMN dan BGDC terpukul saat awal LFH dan mengalami sedikit kendala dalam beradaptasi ke format kegiatan online. Dalam GDC UMN, pembelajaran online dibebaskan dan disesuaikan dengan kelompok projek dimana satu atau dua orang pengurus atau aktivis akan mendampingi kelompok tersebut, sementara BGDC lebih mengikuti kurikulum dan materi pembelajaran yang sudah ada dan diberikan kepada anggota dalam format video melalui youtube. Dalam membuat anggota tetap tertarik GDC UMN juga mengalami kendala, salah satu upaya mereka untuk membuat anggota tertarik adalah dengan mengadakan podcast. Dalam jalannya kegiatan organisasi GDC UMN selama LFH terdapat masalahh dimana antar anggota GDC kurang mengenal sesama anggota dari divisi lain dalam kegiatan-kegiatan dan project dalam GDC. Selain itu kedua organisasi juga mengalami kemunduran atau pembatalan terhadap beberapa event-event yang sudah direncanakan.

Cari tahu lebih lanjut yuk pembicaraan antara GDC dengan BGDC! kalian dapat mencari tahu lebih lanjut melalui link ini: https://soundcloud.com/user-86843507/gdc-umn-podcast-2-ft-bgdc