Kegiatan EXPO BGDC 2020

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, tahun ajaran baru di BINUS University diawali dengan Freshmen Enrichment Program (FEP). FEP adalah program orientasi untuk menyambut sekaligus mempersiapkan mahasiswa baru agar dapat mengikuti sistem pendidikan di perguruan tinggi yang sangat jauh berbeda dengan sistem pendidikan di sekolah menengah. Salah satu kegiatan yang tidak lepas dari FEP adalah EXPO organisasi kemahasiswaan. 

read more

Di tahun-tahun sebelumnya, EXPO dilaksanakan pada hari terakhir FEP. Pada hari itu, berbagai UKM dan HMJ akan membuka booth yang bisa dikunjungi para freshmen untuk mendaftar sebagai anggota baru. Namun seperti yang kita semua tahu, keadaan tahun ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Wabah penyakit COVID-19 yang melanda menghalangi kita untuk melaksanakan FEP onsite. Jangankan FEP, bahkan kegiatan perkuliahan saja terpaksa dijalankan secara online sejak semester sebelumnya. Sebagai gantinya, tahun ini FEP dilaksanakan secara online, begitupula kegiatan EXPO.

EXPO online jelas berbeda dengan EXPO onsite. Jika di tahun sebelumnya EXPO hanya dilaksanakan dalam satu hari (Biasanya pada hari Sabtu, dalam kurun waktu beberapa jam dari pagi hingga siang), maka EXPO kali ini diadakan sepanjang FEP untuk setiap batchnya (Senin hingga Sabtu). Platform yang digunakan adalah Microsoft Teams. Melalui platform ini, disediakan Team bernama “Expo Organisasi Kemahasiswaan Binus University 2020” dan di dalamnya terdapat channel-channel untuk masing-masing organisasi kemahasiswaan. Channel BGDC sendiri berjudul “BGDC (Binus Game Development Club)”. Para mahasiswa baru kemudian dapat ‘berkelana’ di Team ini untuk menemukan organisasi yang sesuai dengan minat mereka. 

Meskipun dibatasi oleh sistem online yang baru diterapkan ini, BGDC masih tetap berusaha untuk menjadikan EXPO sebagai kegiatan yang dapat menghibur sekaligus memikat para mahasiswa baru.

Pada awalnya, EXPO dibagi menjadi empat batch, sesuai dengan jumlah batch FEP yang dilaksanakan (A, B, C, dan D). Keempat batch ini dilaksanakan pada tanggal:

  1. 13 Juli 2020 – 18 Juli 2020
  2. 27 Juli 2020 –  1 Agustus 2020
  3. 3 Agustus 2020 – 8 Agustus 2020
  4. 10 Agustus 2020 – 15 Agustus 2020

Keempat batch ini dijalankan dengan membuka Q&A Session setiap hari Senin-Sabtu pukul 09:00 hingga 17:00 WIB. Sesi ini diperuntukkan bagi para freshmen yang ingin bertanya mengenai UKM BGDC. Pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan pada sesi ini dapat dijawab langsung oleh panitia EXPO BGDC yang sedang berjaga.

Materi Openhouse EXPO BGDC 2020
Penjelasan mengenai salah satu program kerja BGDC, Study Tour Jepang.
Game yang dibuat anggota BGDC
Showcase Game pada Sesi Openhouse BGDC Batch 3

Selain sesi tanya jawab, terdapat juga sesi openhouse yang diadakan setiap hari Sabtu, tepatnya pukul 11:00 hingga 12:00 WIB. Sesi ini dibawakan oleh Jason Paulus (Ketua Regional Alam Sutera) dan Kevin Phoenix (Ketua Umum BGDC) ini diisi dengan presentasi dan penjelasan secara mendalam mengenai apa itu UKM BGDC serta kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Para peserta sesi ini juga dapat bertanya mengenai seluk beluk BGDC secara langsung kepada semua panitia EXPO BGDC yang hadir. Pada akhir openhouse, ditunjukkan juga beberapa game yang berhasil dibuat oleh para anggota BGDC sebelumnya. Bagi kalian yang penasaran, kalian bisa menonton openhouse pada batch 1 hingga batch 3 melalui link ini.

Selain kedua sesi rutin di atas, BGDC juga mengadakan tiga sesi tambahan pada batch keempat. Ketiga sesi ini yaitu:

  • Sesi Live Drawing oleh Chalifa Sophie Anggit Andamari(Aktivis Media BGDC dan pengajar di kelas 2D art lohh) pada tanggal 13 Agustus 2020,
  • 3D Modelling oleh Kevin Phoenix (Ketua umum kita nihh, merangkap juga sebagai pengajar di kelas 3D art) pada tanggal 14 Agustus 2020, serta
  • Gametime Valorant antara anggota BGDC B22/B23 dengan B24 yang telah mendaftar sejak batch sebelumnya pada tanggal 15 Agustus 2020. Gametime ini juga menjadi penutup untuk kegiatan EXPO pada tahun ajaran ini.

Namun takdir berkata lain. Pada tanggal 31 Agustus 2020 hingga 9 September 2020, diadakan batch susulan bagi para mahasiswa baru yang belum mendaftar. Seperti batch sebelumnya, panitia EXPO BGDC masih mengadakan sesi tanya jawab rutin setiap harinya dan sesi openhouse pada 5 September 2020. Selain itu, terdapat dua sesi tambahan berupa:

  • Sesi Game Dev Day yang dibawakan oleh Christopher Fendika Lee(Aktivis Education BGDC sekaligus pengajar di kelas programming) dan Chalifa pada tanggal 4 September 2020, dan
  • Sesi Coffee Talk with BGDC yang diikuti oleh anggota BGDC (Baik B22, B23 maupun B24) pada tanggal 5 September 2020.

Pada tanggal 9 September 2020, EXPO organisasi kemahasiswaan mencapai hari terakhir (tidak ada susulan lagi, hehe) dan pendaftaran anggota baru akhirnya BGDC ditutup pukul 23:59. Event selanjutnya adalah event pertama bagi para anggota BGDC B24, yaitu Welcoming Party BGDC yang dilaksanakan pada 13 September 2020 melalui Discord. Kalian bisa melihat artikel mengenai event ini di sini.

Dengan demikian, berakhir pula tulisan ini. Namun sebelumnya, penulis mau shoutout buat para panitia EXPO BGDC nihh!

Terima kasih kepada:

  • Kevin Phoenix
  • Jason Paulus
  • Noverina Sari
  • Kevin Stephanus Tabaraka
  • Aileen
  • Alfonsus Ardani Chendrawan
  • Johanes
  • Mulia Darma, dan
  • Selo Baswara

atas kerja kerasnya demi menyukseskan EXPO ini!

Tidak lupa juga,

Selamat datang kepada para anggota baru BGDC yang telah mendaftar sepanjang EXPO!!