LDK AKTIVIS BGDC 2020: REPORT

Logo Microsoft Team

Pandemik Covid-19 atau umumnya disebut Coronavirus semakin merajarela di setiap negara termasuk Indonesia. Sebagai upaya Binus dalam mencegah penyebaran luas infeksi virus tersebut, Binus meliburkan setiap staff dan mahasiswa/i dan menggantikan program belajar mengajar melalui pemanfaatan sistem online. Dalam upaya inilah program wajib LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan), program wajib dari SCAC (Student Creativity and Activity Center) Binus kepada setiap UKM dan Himpunan, dijalankan oleh UKM BGDC secara sukses pada tanggal 6 April 2020 melalui video conference di Microsoft Team.

read more

Sesi Pembukaan dan Doa

 

Biasanya tradisi LDK oleh UKM BGDC diadakan dengan pergi keluar kota dan menginap untuk beberapa hari harus ditiadakan dikarenakan adanya pandemik Covid-19, maka dari itu LDK diadakan melalui video conference Microsoft Team yang dihadiri sekitar 40 calon aktivis UKM BGDC pada tanggal 6 April lalu dimulai dari jam 09.00-18.00 WIB.

Salah satu slide dari presentasi mengenai Leadership

Selama 1 hari tersebut, para calon aktivis UKM BGDC diberikan materi mengenai asal muasalnya UKM BGDC, bagaimana UKM BGDC beroperasi sesuai aturan dan sistem (OK) Organisasi Kemahasiswaan serta pengenalan SCAC. Tidak hanya hal ini saja, ketua umum BGDC, Kevin Phoenix, juga memberikan materi mengenai bagaimana menjadi seorang Leader dengan tingkat Leadership yang baik agar tidak menjadi pemimpin yang merugikan pengikutnya.

Sesi Kahoot!

Untuk membuat LDK online ini lebih engaging agar calon aktivis memperhatikan materi yang diberikan secara online, dalam program ini pengurus UKM BGDC memberikan beberapa aktivitas yang meminta partisipasi calon seperti mengadakan sesi Kahoot serta pembuatan suatu proposal yang pada suatu saat pembelajaran pembuatan proposal ini akan membantu calon aktivis dalam menyerahkan proposal kepada pihak SCAC.

Sesi sharing

Program LDK ini diakhiri dengan tradisi sesi sharing mengenai keluh kesah yang dialami setiap anggota UKM BGDC dengan tujuan menciptakan suatu rapport diantara para pengurus dan calon aktivis agar kedepannya tidak ada yang membatasi keakraban dalam bekerja sama dalam organisasi ini.

Walaupun hanya dijalankan 1 hari dalam hitungan waktu, LDK ini berjalan dengan lancar dan para calon aktivis lebih antusias dalam bekerja dalam UKM BGDC dimulai dari sekarang hingga selesainya periode ini. Berakhirnya LDK ini menandakan para calon resmi menjadi anggota aktivis dalam UKM BGDC.

See you all on the next LDK.