LDK AKTIVIS BGDC 2021: REPORT

Setelah 1 tahun, Indonesia masih dilanda pandemic COVID-19. Dengan inilah Binus masih dalam penerapan protokol kesehatan dengan cara mengadakan segala aktivitas secara online termasuk aktivitas yang diadakan UKM Binus. Sebagai kewajiban utama dalam UKM untuk melantik aktivis baru, UKM BGDC sukses menjalankan aktivitas LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan), program wajib dari SCAC (Student Creativity and Activity Center), pada tanggal 17 April 2021 melalui video conference di Microsoft Team.

read more

BGDC memiliki tradisi mengadakan LDK Aktivis dengan mengadakan field trip keluar kota dan menginap beberapa hari tetapi dikarenakan situasi pandemic COVID-19 ini, LDK dilaksanakan secara online seperti tahun lalu. LDK kali ini dihadiri oleh sekitar 45 calon aktivis BGDC dan pelatihan diadakan pada 17 April 2021.

Dalam LDK Aktivis ini, para calon aktivis diberikan materi mengenai bagaimana UKM BGDC berjalan seperti pengertian dasar apa kewajiban UKM BGDC kepada pihak SCAC, sejarah berdirinya UKM BGDC, penjelasan setiap divisi BGDC, dll.

Selain penyampaian bagaimana UKM BGDC berjalan dan hal – hal tentang pekerjaan yang akan dihadapi oleh para calon aktivis nanti setelah diresmikan, ketua umum BGDC, yaitu Aileen, membawakan materi mengenai Leadership, Communication, Teamwork, dll. Dalam materi yang disampaikan, Aileen menjelaskan bagaimana materi – materi ini sangat penting bagi para calon aktivis agar kelak mereka dapat bekerja sama dengan sesama aktivis dengan baik dan benar agar acara atau kegiatan yang diadakan oleh BGDC dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

LDK Aktivis ini tidak hanya berupa presentasi slide, untuk mengajak para calon aktivis untuk lebih ikut serta dalam acara ini, diadakannya lah sesi Quizziz. Pada sesi Quizziz ini, para calon aktivis di-challenge dalam hal apakah mereka dapat menjawab pertanyaan mengenai BGDC setelah dipresentasikan.

LDK Aktivis diakhiri dengan Bonding Session dimana para pengurus serta senior aktivis dapat sharing mengenai pengalaman mereka selama bekerja dalam UKM BGDC. Dari sesi ini diharapkan dapat terbentuknya sebuah rapport antara pengurus, aktivis senior, dan para calon aktivis agar kedepannya mereka merasa welcome dan dapat menjalinkan kerja sama yang baik.

Acara LDK Aktivis ini berjalan dengan sukses dan lancar tanpa kendala dan ditutup dengan peresmian para calon aktivis BGDC menjadi aktivis BGDC secara resmi dan dapat memulai perjalanan mereka dalam berorganisasi.

Looking forward to the next one!