Unreal Engine 5

Pada tanggal 13 Mei yang lalu, team dari Epic Games merilis sebuah video demo Unreal Engine 5 yang dibawa oleh Brian Karis, Technical Director of Graphic dengan Jerome Platteaux, Special Project Art Director.

Video diawali dengan tes gameplay sebuah karakter di goa. Dalam environment inilah team Epic Games ingin show off teknologi terbaru yang akan dirilis bersamaan dengan Unreal Engine 5 yaitu Nanite dan Lumen.

read more

Gameplay test tersebut dijalankan dalam konsol game yang akan segera dirilis yaitu Playstation 5. Video ini tidak hanya menunjukkan betapa memukau-nya teknologi terbaru dari Unreal Engine 5 tetapi juga bagaimana processor Playstation 5 meng-handle setiap grafis yang ada.

Dengan teknologi Nanite, detail batu – batu ini dapat terlihat secara detail dan realistis.

Tujuan utama dari Unreal Engine 5 tersebut berupa ingin mengejar grafik game yang sangat photorealism. Masuk dalam penjelasan teknologi, yang pertama adalah Nanite. Bisa dilihat dari awal mulai video, environment yang diberikan berupa lingkungan reruntuhan yang memiliki tekstur batu seperti goa. Dengan lingkungan inilah, Unreal Engine 5 ingin memperlihatkan bagaimana Nanite dapat menampilkan suatu objek dengan sangat detail. Dalam artikel dari Epic Games mengenai Unreal Engine 5, dijelaskan bahwa game artists sekarang dengan UE5 dapat lebih bebas memberikan detail pada objek sebanyak apapun, sekecil apapun karena teknologi Nanite akan menampilkannya secara penuh. Bahkan hasil photoscan dapat juga oleh Nanite memberikan hasil detail yang sama dengan objek aslinya. Nanite juga menampilkan objek secara real time maka dari itu game artists tidak perlu lagi terlalu khawatir mengenai beratnya sebuah sculpt karena jumlah polygonnya ataupun harus membuat normal map untuk menampilkan detail secara tajam karena Nanite akan menangani hal-hal tersebut.

Teknologi Lumen yang menampilkan cahaya dengan pantulan cahaya yang tidak terbatas.

Selanjutnya, teknologi Lumen. Jika kita lihat secara biasa dalam video, kita pastinya hanya kira Lumen itu seperti teknologi cahaya biasa tetapi sebenarnya Lumen itu sangat jauh berbeda dari teknologi – teknologi cahaya sebelumnya.  Lumen menampilkan cahaya lebih dinamis beserta dengan pantulan cahaya yang tak terbatas layaknya cahaya di dunia nyata. Teknologi ini dapat juga mengubah bentuk cahaya sesuai dengan perubahan suasana dengan cepat dan tanggap. Sama dengan Nanite, teknologi ini membantu game artists dalam membuat scene secara efektif dan efisien.

Unreal Engine 5 akan segera dirilis previewnya pada awal 2021 dan dirilis sepenuhnya di pertengahan tahun 2021.