Masih Early Access Tapi Sudah Sebagus Ini? – Review Ember Knights (Early Access)

Sumber: server Discord Ember Knights

Ember Knights merupakan sebuah game 2D top-down, action, rogue-lite karya studio game Doom Turtle. Publisher Ember Knights, Twin Sails Interactive (sebelumnya dikenal sebagai Asmodee Digital), merilis versi early access dari game ini pada 20 April 2022 melalui platform Steam. Berkisah tentang Ember Knight, ksatria legendaris yang menjadi harapan terakhir untuk mengalahkan sang penyihir jahat, Praxis, dan menyelamatkan dunia dari pengaruh jahatnya. 

Salah satu fitur dari Ember Knights yang menjadikannya unik dari game rogue-lite lainnya adalah fitur co-op. Ember Knights dapat dimainkan oleh 1-4 pemain sekaligus. Fitur co-op ini dapat digunakan untuk bermain secara online, maupun offline dengan cara memasangkan lebih dari satu controller atau keyboard. Kelebihannya lagi, Ember Knights dapat dimainkan melalui Steam Remote Play sehingga memungkinkan teman Steam bermain bersama tanpa harus membeli game atau bertemu secara offline. Namun, jangan salah paham, daya tarik Ember Knights tidak hanya pada fitur co-op-nya saja.

Dalam sebuah game rogue-lite, replayability menjadi aspek terpenting yang harus dimiliki. Salah satu cara mencapai hal tersebut adalah dengan memiliki keberagaman dalam cara bermain dan mekanik. Meskipun saat ini masih dalam kategori early access, nampak jelas bahwa developer Ember Knights mengerti cara membuat game rogue-lite yang baik. Ember Knights memberikan pemain pilihan senjata sebelum memulai permainan. Senjata ini bersifat seperti class yang memberikan efek, status, serangan, dan cara bermain yang unik. Beberapa senjata juga memiliki interaksi unik terhadap barang-barang di dalam game. Saat ini, terdapat 4 senjata berbeda yang dapat dipilih.

Sumber: Ember Knights

Tak hanya senjata, terdapat juga Relics, barang yang memberikan pemain efek-efek tertentu, dan Skills, jurus yang memberikan pemain serangan dan utilitas yang tidak dapat diberikan oleh senjata saja. Developer Ember Knights, Doom Turtle, berhasil mendesain dan menciptakan 72 relics yang unik. Ditambah dengan 12 skills unik yang masing-masing memiliki efek dan kelebihannya tersendiri. Setiap pemain dapat membawa hingga 2 skills dan 12 relics berbeda.Relics dalam game ini tidak hanya memberikan efek biasa yang membuat pemain menjadi lebih kuat. Relics didesain sedemikian rupa untuk menghasilkan sinergi dan kombinasi yang unik dan jauh lebih kuat apabila bersama dengan relics maupun skills tertentu. Sinergi dan kombinasi unik ini meningkatkan keragaman cara bermain dari setiap permainan Ember Knights.

Sumber: Ember Knights

Game early access memiliki potensi yang besar dari update-update yang akan datang. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa game early access berarti game dalam kondisi yang belum sempurna. Ember Knights masih memiliki beberapa kekurangan, terutama dalam aspek game balancing. Beberapa kombinasi dan sinergi dapat menjadi terlalu kuat dan tak terkalahkan, sedangkan beberapa lainnya terasa lemah apabila dibandingkan. Selain itu, Ember Knights juga mengalami kenaikan kesulitan yang tajam seiring permainan, menyulitkan bagi pemain baru. 

Bagi kalian yang menyukai game rogue-lite, kalian pasti akan menyukai Ember Knights, sendiri maupun bersama teman. Dan bagi kalian yang tertarik ingin bermain Ember Knights, game ini dapat dibeli dan di-download melalui platform Steam seharga Rp 149.999,00. Sayangnya, Ember Knights saat ini hanya tersedia bagi pengguna OS Windows.

Sumber: Ember Knights

 

Derian Ardenichson