Game Masa Kecil yang Terus Diperbaharui (Minecraft 1.19 Update)

Sumber : https://www.thegamer.com/best-sandbox-games/

Bermain game telah menjadi salah satu hal yang normal untuk dilakukan sebagai penghibur dikala waktu luang bagi anak-anak maupun orang dewasa. Berbagai game dengan genre berbeda-beda telah dibuat dari tahun ke tahun. Salah satu game yang telah menemani mayoritas dari generasi Z pada masa kecilnya dan bahkan sampai sekarang adalah Minecraft. Sejak November 2011, Mojang telah merilis game yang melekat di hati anak-anak pada masanya yang terus dikembangkan dan diperbaharui dari tahun ke tahun. Minecraft sendiri merupakan game bergenre 3D sandbox, adventure dan survival (sejak Java Edition Alpha yang telah dirilis tanggal 30 Juni 2010). Pada game ini, pemain dapat membangun apapun yang pemain mau di dunianya sendiri tanpa misi tertentu. pemain dapat berjalan kemanapun, membangun kemah, membangun rumah, atau hanya sekedar menjelajahi hutan-hutan dan mencari bioma baru tanpa habisnya.

Walaupun telah lama dirilis, Mojang Studios bersama dengan grup lainnya terus menerus memperbarui game yang akan genap berumur 11 tahun ini. Berbagai konten, fitur, maupun mode baru terus ditambahkan untuk memanjakan pemain sejati dari game tersebut. Belum lama ini, Mojang Studios telah mengumumkan akan terjadinya pembaharuan setelah versi terakhir Minecraft 1.18 (yang telah dirilis November 2021 kemarin) yaitu Minecraft versi 1.19 yang dinamakan The Wild Update. Pada Oktober yang lalu telah dipastikan bahwa Minecraft akan mengadakan pembaharuan lagi dan salah satu yang ditunggu-tunggu oleh pemain tak lain adalah Mobs.

4 jenis mob yang akan ditambahkan ke dalam Minecraft versi 1.19 adalah Frog, Tadpole, Allay, dan Warden. Frog (katak) dan Tadpole (berudu) akan dapat ditemukan di bioma Swamp. Untuk frog, terdapat 3 varian berbeda tergantung dari dimana frog tersebut dibesarkan. Pemain juga dapat mengembangbiakan 2 frog dengan memberikannya slime balls yang akan menghasilkan tadpole yang nantinya akan bertumbuh menjadi frog. Tadpole ini akan bisa dimasukan ke dalam bucket of water yang nantinya akan berubah menjadi bucket of Tadpole dan dapat dilepaskan kembali seperti aquatic mobs yang dapat dimasukkan ke dalam bucket lainnya. Frog juga dapat berenang, lompat, berjalan pelan di darat dan mengeluarkan suara (croak) yang dapat didengar oleh pemain. Salah satu mob yang tadinya akan ditambahkan kedalam swamp pada versi ini adalah firefly. Namun, beberapa lama kemudian firefly dihapus dari versi 1.19 karena beberapa alasan yang membuat pemain sedikit menyayangkan. 

sumber: https://www.sportskeeda.com/minecraft/what-know-frogs-minecraft-far

Mob ketiga yang akan ada adalah Allay. Allay adalah mob bersayap berwarna biru yang akan menyala di kegelapan. Allay akan muncul di sekitar Pillager Outpost dan Woodland Mansion. 1-3 Allay akan dapat ditemukan di dalam Dark Oak cages jika pemain berada di Pillager Outpost dan di dalam jail cells saat pemain berada di Woodland Mansion. Sebelum diberikan barang tertentu, Allay akan hanya berterbangan tanpa arah. Allay dapat membawa 1 jenis (slot) barang, untuk jumlahnya bergantung dengan barang yang dibawanya (1 stack untuk stackable, dan 1 untuk non-stackable). Pemain dapat mengambil kembali barang yang dibawa oleh Allay jika memiliki slot kosong. Allay juga akan menjatuhkan barang yang dibawanya jika sebuah noteblock dimainkan di dekatnya. Jika noteblock dimainkan di sekitarnya, Allay akan menuju ke noteblock tersebut dan ketika sampai, ia akan menjatuhkan barang yang dibawanya dan jika ada barang di dekat noteblock tersebut, ia akan mengambilnya menggantikan barang sebelumnya.

Sumber : https://www.pcgamer.com/minecraft-allay-guide/ 

Mob terakhir yang akan ditambahkan ke dalam versi yang akan datang tak lain adalah Warden. Warden merupakan mob pertama yang tidak dapat melihat, tetapi dapat mendeteksi sekitarnya melalui gelombang suara. Oleh karena itu, pemain akan harus berhati-hati saat melangkah, terutama saat Warden telah muncul. Warden memiliki tinggi sekitar 3.5 blok yang membuatnya menjadi salah satu mob tertinggi di minecraft. Warden dapat muncul saat mengaktifkan sculk shrieker (asli dari biomanya) 3 kali pada tingkat cahaya kurang dari sama dengan 11 disekitarnya. Warden menjadi salah satu mob yang di desain untuk ditakuti dan dijauhi oleh karena pukulannya yang dapat mengurangi 16 poin sekaligus dengan health points bernilai 500 (mengalahkan ender dragon). Warden juga dapat menyerang dari jarak jauh dalam bentuk gelombang suara walaupun pengurangan. Untungnya, Warden hanya akan muncul di bioma Deep Dark berhubung hanya bisa dimunculkan saat mengaktifkan sculk shrieker yang secara natural muncul. Salah satu cara untuk mengalihkan perhatian Warden adalah dengan melempar sebuah benda yang dapat dilempar, seperti snowball ke satu arah yang membuat Warden mengarah ke arah tersebut. Namun, jika dilakukan secara berulang kali, Warden akan menyadari hal tersebut dan beralih ke arah pemain.

Sumber : https://gamerant.com/minecraft-update-wardens-sonar-attack-ribcage/

Untuk tanggal rilis dari versi ini masih belum dipastikan walaupun sudah direncanakan untuk dirilis pada tahun 2022. Namun, pemain Minecraft semakin antusias dikarenakan tanggal perilisan sudah semakin dekat yang dibuktikan dengan berita bahwa versi 1.19 saat ini telah berada pada tahap pra-rilis. Sementara menunggu, pemain dapat menikmati versi 1.18.2 yang telah tersedia sejak 28 Februari lalu.

 

Sumber

https://www.minecraft.net/en-us/about-minecraft 

Minecraft – Wikipediahttps://en.wikipedia.org › wiki › Minecraft

https://resources.finalsite.net/images/v1558106307/davisk12utus/mucx2hgdfynfllivkdgz/Parent-Guide-to-Minecraft-1.pdf 

Techopediahttps://www.techopedia.com › … › Gaming › Sandbox

https://atos.net/en/blog/generation-z-minecraft-generation 

https://minecraft.fandom.com/wiki/Java_Edition_Alpha_v1.0.0 

https://karyakarsa.com/ItzBloops/sejarah-minecraft

Memahami Karakteristik dan Ciri-ciri Generasi Z – Katadatahttps://katadata.co.id › … › Nasional

https://minecraft.fandom.com/wiki/Java_Edition_1.19 

https://www.youtube.com/watch?v=ixSlQXDOvkM 

https://www.thegamer.com/minecraft-pemains-fireflies-removal/ 

​​https://minecraft.fandom.com/wiki/Bucket_of_aquatic_mob 

https://www.sportskeeda.com/minecraft/what-know-frogs-minecraft-far 

https://minecraft.fandom.com/wiki/Allay

https://kii.lektur.id/tadpole