Pulang : Insanity Gim Horor asal Indonesia yang Berasal dari Cerita Rakyat

(Source: https://steamcommunity.com/app/1069210 )

Pulang : Insanity merupakan gim horor yang berasal Indonesia yang dikembangkan oleh studio Ozysoft. Ozysoft sendiri merupakan studio gim Indie yang berasal dari Balikpapan. Studio ini didirikan oleh Ozy dan Sopian pada tahun 2013. Demo gim ini rilis pada 28 Juni 2019 dan mendapatkan banyak respon positif dari gamers dan media. Gim ini terinspirasi dari cerita rakyat Indonesia mengenai pesugihan terletak di Kalimantan Timur, tepatnya di Penajam dan Grogot. Gim ini sendiri bergenre psychological horror serta gore. Gim ini menceritakan tentang Rudy yang terjebak dalam ritual pesugihan.

Rudy sendiri merupakan seorang ayah dengan satu anak yang tidak mempunyai pekerjaan. Dia harus hidup dengan kekurangan uang, sementara tagihan dan utangnya terus menumpuk. Ia tidak kuat dengan keadaan tersebut dan akhirnya meminta tolong kepada iblis untuk membantunya menjadi kaya melalui pesugihan. Namun, iblis itu meminta orang untuk menjadi korban setiap 3 bulan pada tanggal 21 dengan cara menuliskan nama orang tersebut serta fotonya di buku yang diberikan ke Rudy. Rudy pun kaya raya dan membuat Rudy mulai melupakan keluarganya. Hal tersebut membuat istri Rudy merasa sedih karena ia tidak memberi kasih sayang cukup kepada keluarganya. Rudy tidak terima dan tidak sengaja membunuh istrinya. 

Hal tersebut membuat anaknya depresi ditambah dengan teman – teman anaknya yang membully ia di sekolah. Pada akhirnya, anaknya tidak kuat menahan beban tersebut dan berujung bunuh diri. Rudy pun menyadari bahwa ia tidak merasa bahagia dengan uang yang ia miliki dan ia berusaha untuk keluar dari kontrak dengan iblis tersebut. Alur cerita di gim ini disajikan dengan potongan – potongan flashback yang ditampilkan selama pemain memainkan gim ini. Menurut saya, hal tersebut merupakan cara efektif bagi para pengembang gim ini untuk menggambarkan alur cerita dari gim ini. Namun, sangat disayangkan pada gim ini tidak ada ciri khas yang jelas di mana saat Rudy mengalami flashback atau tidak. Hal tersebut membuat saya bingung apakah hal yang diceritakan itu hanya sekedar flashback oleh Rudy atau kejadian yang terjadi saat itu.

(Source: https://youtu.be/rnzz6pg_5qw)

Selain flashback, pembawaan cerita pada gim ini juga dibantu oleh potongan koran dan gambar – gambar oleh anaknya yang berserakkan di sepanjang gim. Saya juga sangat menyukai di mana ada fitur untuk click koran atau gambar – gambar tersebut agar bisa melihat translate bahasa Inggrisnya jika pemain bermain menggunakan subtitle bahasa Inggris. Hal tersebut sangat memudahkan pemain di seluruh penjuru dunia untuk mengetahui alur dari gim ini. Gim ini sendiri bisa dimainkan dengan subtitle bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia dengan pengisi suara bahasa Inggris dari Amerika Serikat. Sangat disayangkan karena efek – efek tua yang diberikan pada koran membuat korannya susah untuk dibaca dan koran tersebut tidak bisa dizoom untuk memudahkan para pemain untuk membacanya.

Selain itu, ada beberapa hal lagi yang sangat di sayangkan pada alur cerita di gim ini. Contohnya, adanya pertarungan hebat Rudy dengan kuyang yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan alur cerita yang ada, serta mengapa Rudy harus pergi ke kampung pinggir sungai untuk mengakhiri kontrak ghaibnya yang sama sekali tidak diceritakan di dalam gim ini. Ada juga ambiguitas mengenai salah satu teman Nisa yaitu anaknya Rudy yang digambarkan di dalam doodle Nisa ditenggelamkan di dalam sumur. Tidak ada penjelasan juga di dalam gim tersebut apakah hal tersebut benar dilakukan oleh Nisa atau tidak.

(Source: https://youtu.be/rnzz6pg_5qw)

Gameplay dari gim ini sendiri menurut saya kurang unik dan hanya terasa mencampurkan berbagai gameplay dari gim horror lainnya. Rudy pada gim ini akan dibekali dengan senter untuk mencari objektif di gim ini. Seperti gim horror pada umumnya, gim ini mengharuskan para pemain untuk memecahkan teka – teki atau puzzle agar dapat ke area selanjutnya. Para pemain juga harus menyelesaikan puzzle tersebut dengan petunjuk yang sedikit sehingga pemain harus jeli memperhatikan detail yang ada di dalam gim. Selain teka – teki, gim ini juga menyediakan gameplay di mana para pemain harus mencari kunci agar ruangan lainnya terbuka. Saya juga menyukai di mana gim ini memberikan objektif yang jelas kepada pemainnya disebabkan para pemain dapat melakukan interaksi kepada barang dan gim akan memunculkan tulisan apa yang pemain harus cari atau selesaikan untuk menuju ke objektif berikutnya.

Gim ini sendiri tidak diragukan lagi memiliki visual yang sangat keren dengan detail yang sangat baik. Gim ini disajikan dengan visual 3D dengan karakter dan objek yang cukup realistis. Saya juga sangat menyukai detail kecil yang diperhatikan oleh pengembang gim ini seperti terpaan angin yang mengenai pohon. Atmosfer di gim ini juga sangat mencekam dengan suasana pencahayaan yang redup siap membuat bulu kuduk para pemain berdiri. Hal tersebut disebabkan oleh pewarnaan environment yang bagus oleh pengembang yang juga sangat menambah kesan horornya dan meningkatkan keawasan pemain. Font dan tulisan objektif serta dialog juga dapat terbaca jelas, namun ada inkonsistensi di mana nama anaknya tertulis Nissa pada dialog sedangkan di kamarnya tertulis Nisa. Animasi ketika Rudy menuruni tangga juga terlihat sangat cepat dan kurang realistis.

Selain visual, efek suara yang dipilih oleh pengembang juga sangat tepat untuk menggambarkan suasana yang ada sekaligus menambahkan kesan horor pada gim ini. Suara – suara aneh seperti suara bayi menangis juga dapat membuat pemain semakin tegang. Di adegan – adegan penting juga ada pengisi suara yang mengisi suara – suara karakter yang ada dengan sangat baik. Namun sangat disayangkan, jika pemain bermain dengan headphone, ada di mana saat karakter berada di kanan sedangkan suara berada di kiri dan sebaliknya sehingga tidak jelas di mana posisi karakter berada. Selebihnya, audio pada gim ini sudah cukup baik dan sangat menambah suasana gim menjadi lebih horor dan mencekam

(Source: https://youtu.be/rnzz6pg_5qw)

Kesimpulannya, walau memiliki beberapa kekurangan, gim ini sangat layak untuk dimainkan. Storyline gim ini yang mudah dipahami serta objektif yang jelas membuat gim ini mudah untuk dipahami. Selain itu, kontrol gim pada gim ini yang seperti gim horor pada umumnya juga membuat gim ini mudah dimainkan. Environment pada gim ini yang sangat mencekam serta jumpscare yang ada pada gim ini juga merupakan daya tarik tersendiri digim ini. Jika tertarik, kamu bisa memainkan gim ini di Steam dengan harga sekitar Rp129.000. Selamat bermain!

Rezi Kharmeilya