Inilah Game Bagi Kalian Pencinta Rogue-Lite/Rogue-Like – Review Skul: The Hero Slayer

Sumber: Skul: The Hero Slayer

Jika anda menyukai game rogue-lite maupun rogue-like, Skul: The Hero Slayer adalah game yang wajib anda coba suatu saat. Skul: The Hero Slayer merupakan game yang dikembangkan oleh SouthPAW Games, sebuah studio game Korea, dan di-publish secara penuh oleh publisher game Korea, NEOWIZ, pada awal tahun 2021 . Berlatar di dunia fantasi dimana terdapat ras manusia dan monster. Belum lama perjanjian perdamaian antara dua ras tersebut dibentuk, manusia menyerang Demon King’s Castle, pusat kekuatan ras monster, dan berhasil menculik Sang Demon King (Raja Setan). “Skul” seorang skeleton (tengkorak hidup) seukuran anak kecil, berhasil selamat dari serangan para manusia. Maka, dimulailah petualangan untuk mengalahkan para manusia dan menyelamatkan Sang Demon King.

Meskipun bila dilihat sekilas, game rogue-lite platformer dan latar cerita monster vs manusia, mungkin terasa mainstream, Skul: The Hero Slayer memiliki eksekusi yang luar biasa dan juga keunikannya tersendiri. Salah satu mekanik utama dan unik dalam Skul adalah “skull swapping”. Pemain dapat membawa 2 jenis skulls yang berbeda dan dapat berganti-ganti skull dengan sebuah tombol. Skulls sendiri merupakan semacam job atau class dengan kemampuan, skill, senjata, dan playstyle yang berbeda-beda. Skull swapping menjadi mekanik utama dalam game ini, dimana setiap skull memiliki efek yang kuat dan unik ketika pemain melakukan swap ke skull tersebut.

Terdapat lebih dari 30 skulls yang berbeda dengan kemampuan dan rarity (common, rare, unique, legendary) yang beragam. Meskipun memiliki rarity yang berbeda-beda, semua jenis skulls dapat ditingkatkan hingga rarity tertinggi, legendary. Hal ini membuat semua skulls yang ada dapat digunakan dan skulls dengan rarity terendah pun dapat memiliki kekuatan setingkat skulls dengan rarity tertinggi.

Sumber: Skul: The Hero Slayer

Skul: The Hero Slayer juga memiliki sistem items, dimana pemain dapat membawa hingga 9 items berbeda. Setiap item memiliki efek dan rarity yang unik dan berbeda-beda seperti skulls. Namun, tidak seperti skulls, items tidak dapat ditingkatkan. Oleh karena itu, items memiliki sistem inscription. Setiap item memiliki 2 inscription, mengumpulkan beberapa inscription yang sama akan memberikan efek baru sesuai inscription tersebut. Hal ini berperan sebagai “upgrade” yang membuat item dengan rarity rendah akan berguna dan menjadi lebih kuat apabila player mengumpulkan inscription yang sejenis.

Sumber: https://store.steampowered.com/news/app/1147560/view/3324233322398276841

Sebuah game rogue-lite yang baik harus memiliki aspek randomness dan replayability yang baik. Skul: The Hero Slayer adalah game rogue-lite dengan randomness dan replayability yang luar biasa. Setiap kali bermain, pemain dapat membawa 2 dari 30+ jenis skulls yang berbeda dan 9 items yang berbeda juga, membuat setiap permainan terasa berbeda dan memberikan pengalaman yang unik. Terutama dengan update patch 1.5 yang baru rilis pada awal Juni 2022, menambahkan 67 items baru.

Ya, salah satu kelebihan lain dari Skul: The Hero Slayer adalah studio yang mengembangkannya, SouthPAW Games, masih terus memberikan update kepada game ini. SouthPAW Games juga menyatakan bahwa mereka sedang mengembangkan Hard Mode untuk memberikan tantangan lebih bagi pemain yang sudah cukup handal dalam game ini.

Sayangnya, update tersebut juga menjadi tantangan bagi pemain baru dan pemain lama dari Skul: The Hero Slayer. Bagi pemain baru, mungkin aspek randomness dan jumlah items serta skulls dengan kemampuan, efek, dan inscription yang berbeda dan beragam menjadi penghalang untuk masuk ke dalam game ini dan menikmatinya. “Items-nya kebanyakan, malas belajarnya” menjadi argumen yang seringkali pemain baru temui. Selain itu, untuk pemain lama, banyaknya items yang ditambahkan berarti semakin sulit untuk mendapatkan items tertentu yang sesuai dengan keinginan pemain. Seringkali ketika bermain, pemain diberikan pilihan-pilihan items yang tidak berguna dan tidak inginkan pemain.

Skul: The Hero Slayer merupakan game rogue-lite platformer dengan mekanik skulls swapping yang unik. Terdapat begitu banyak dan ragam dari items dan skulls dalam game ini, membuat beberapa pemain merasa sulit untuk mempelajari game ini dan menikmatinya. Namun, apabila pemain dapat melewati masalah ini, Skul: The Hero Slayer memberikan pengalaman bermain yang selalu unik dan berbeda dalam setiap permainan. Skul: The Hero Slayer adalah game yang sangat saya sarankan bagi kalian para pencinta rogue-lite dan rogue-like, serta para pemain yang ingin mencoba genre ini dan memiliki niat untuk mempelajari game ini. Hingga saat ini, Skul: The Hero Slayer tersedia di PC melalui Steam dan di konsol Nintendo Switch, serta PlayStation 4.

Sumber: Skul: The Hero Slayer

Derian Ardenichson