Who Is He: Let Me Out, Gim Horror, Misteri, dan Teka Teki asal Indonesia

(Source: https://steamcommunity.com/app/1269520?l=english)

Jika kamu mencari gim horror yang berasal dari Indonesia, maka Who Is He: Let Me Out bisa jadi jawabannya. Who Is He: Let Me Out adalah sebuah gim yang dikembangkan oleh studio yang bernama 4Happy Studio. Studio ini dulu didirikan oleh beberapa mahasiswa Politeknik Negeri Batam yang berkeinginan untuk membuat gim. Ada 6 orang yang mengembangkan gim ini hingga akhirnya rilis, yaitu Ervin Ahmad Nur Hidayanto, Abdurrafi Naufal, Fadhli Yahya, Muh Ilham W, Waode Hafizah Ramadhani, dan Ziana Febriana Zein.

Lalu bagaimana dengan gimnya? Who Is He: Let Me Out adalah gim horror Indonesia yang berisi banyak puzzle dan juga misteri. Selain menyeramkan, gim ini juga mempunyai nuansa Indonesia dan suasana yang sangat erat dengan kebudayaan Indonesia. Gim ini akan membawamu ke nuansa Indonesia di era 60-an. Gim ini menceritakan tentang Alvin, yang terjebak di desa Mata Koetjhing dan tugas kita adalah membantunya ke luar dari desa dan melewati rintangan-rintangan yang ada.

Source: https://youtu.be/anWF_PL1ThQ)

Cerita Alvin dimulai ketika ia bangun dari tidurnya dan menyadari ibunya menghilang. Pintu rumahnya juga terkunci dan ia kebingungan sebab ia sama sekali tidak tahu apa yang sedang terjadi.  Ketika panik, Alvin beruntung sebab saudaranya yang telah meninggal membantunya dengan wujud hantu untuk ke luar dari rumah dan membantu Alvin mencari ibunya. Lalu Alvin menyadari bahwa yang hilang tidak hanya ibunya, melainkan semua penduduk desa. Suasana berubah menjadi tambah seram dan banyak hantu mulai bermunculan dimana-mana.

Pada pandangan pertama, mungkin visual gim ini akan mengingatkanmu kepada gim Little Nightmare, namun dengan versi eksplorasi yang lebih 3D. Pada awal cerita, gim ini telah menyediakan cutscene yang menurut saya cukup menyeramkan. Cutscene ini menceritakan tentang Alvin yang sedang bermimpi buruk. Di dalam mimpinya, Alvin mengikuti hantu adiknya dan pada akhirnya melihat sebuah monster yang sangat besar dan menakutkan. Menurut saya, voice over dari karakter Alvin dan adiknya juga sangat baik dan cocok untuk mewujudkan karakteristik dari mereka.

Pada demo gim ini, para pemain akan dihadapkan dengan objektif untuk mencari cara agar dapat ke luar dari rumah. Di sini para pemain akan bereksplorasi dan mencari jawaban dari teka-teki yang ada di rumah tersebut. Para pemain akan mencari kunci untuk masuk ke ruangan – ruangan yang ada di rumah tersebut serta mencari potongan-potongan kertas yang berserakan di sekitaran rumah. Memang, mungkin untuk model pencarian kunci dan potongan kertas tersebut agak mainstream, tetapi cukup menyenangkan untuk dimainkan.

Gim ini juga menyediakan mini-games yang memperkenalkan pemainnya pada budaya Indonesia. Di awal gim ini, tersedia puzzle berupa gamelan di mana player harus menekan keyboard mengikuti urutan yang telah diperlihatkan di atas gamelan tersebut. Menurut saya, sound effect gim ini cukup realistik disebabkan oleh bunyi gamelan yang persis seperti di dunia nyata. Pada scene ini, para player harus memainkan gamelannya disebabkan oleh adiknya yang menangis karena tidak bisa memainkan gamelannya.

(Source: https://youtu.be/anWF_PL1ThQ)

Menurut saya, suasana yang diciptakan oleh sound effect dari gim ini juga sangat berpengaruh. Saya sangat menyukai di mana saya dapat mendengar suara jangkrik dari kejauhan saat Alvin berada di dalam rumah. Pada saat Alvin berhasil ke luar rumah, saya juga dapat mendengar suara jangkrik yang bahkan lebih jelas dan hal tersebut membuat suasana yang saya rasakan sangat mirip seperti malam hari di sebuah desa pada umumnya.

Saat berhasil ke luar dari rumah, ternyata monster yang Alvin lihat dimimpi itu nyata. Dengan sound effect yang cukup menakutkan serta pergerakan dari monster yang mengerikan, kalian akan terbawa merasakan suasana yang mencekam. Kalian akan kejar-kejaran dengan monster tersebut hingga pada akhirnya Alvin tidak sengaja jatuh ke jurang. Sayangnya, hal tersebut merupakan akhir dari demo gim ini.

Secara keseluruhan menurut saya gim ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang menyukai gim horror. Selain itu, banyak juga misteri dan puzzle yang sangat menarik untuk diselesaikan. Potongan-potongan cerita yang disajikan gim ini juga menarik untuk diikuti. Saat ini gim ini masih dalam tahap pengembangan dan belum memiliki informasi resmi terkait tanggal rilis sepenuhnya. Namun, demo gim ini sudah beredar dan kalian bisa memainkannya secara gratis. Selamat bermain!