Webinar BIFEST 2022: Eye-catching Visualization in Game-Making

Hiburan selalu menjadi sarana yang dapat menenangkan dan mengarahkan emosi yang sedang dialami seseorang. Sebagai contoh, penonton diharapkan bisa tertawa karena aksi lucu dalam sebuah video komedi. Gim juga begitu, seperti dengan video komedi yang dianggap sukses bila berhasil mengundang orang tertawa, gim juga diharapkan dapat menuntun pemain untuk dapat merasakan emosi yang ditargetkan oleh genre gim tersebut. Dengan demikian, segala jenis visual art yang terdapat dalam gim menjadi salah satu bahan pertimbangan utama dalam merancang sebuah game yang menarik dan sesuai dengan genre-nya.

Sebagai sebuah organisasi yang berfokus pada pengembangan gim, BGDC (Binus Game Development Club) juga berharap para developer gim dapat memahami pentingnya art dan bagaimana art ini mempengaruhi permainan gim itu sendiri. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini pada Binus Festival 2022, BGDC mengadakan sebuah acara webinar yang membahas secara mendalam tentang konsep art di dalam gim, yang bertema “Eye-catching Visualization in Game Making”.

Acara webinar ini mulai membuka pendaftaran pada tanggal 5 – 19 Mei 2022. Namun, karena banyaknya Binusian yang tertarik pada acara webinar ini, pendaftaran acara ini pun dibuka kembali sampai tanggal 20 Mei 2022, pukul 14.00 WIB. Pada acara ini juga, kami mengundang Dimas Novan Delfiano, illustrator dari Mojiken Studio, sebagai pembicara. Beliau telah melukis banyak video game art seperti dalam game Divination (2019) dan When the Past was Around (2020) yang mendapatkan rating Overwhelmingly Positive di Steam. Beliau juga menjabat sebagai Art Director dari game A Space for the Unbound yang akan dirilis tahun ini. Adapun peserta yang mengikuti acaranya berjumlah lebih dari 250 orang.

Acara webinar ini diselenggarakan melalui zoom meeting, yang dibagi menjadi tiga sesi: sesi penjelasan teori, sesi demo melukis di Adobe Photoshop, serta sesi QnA.

Adapun dokumentasi yang diambil menjelang akhir acara adalah sebagai berikut.

Akhir kata, kami dari panitia acara webinar BGDC ini mengucapkan terima kasih kepada Dimas Novan Delfiano karena sudah meluangkan waktunya untuk memberikan masukan tentang game art kepada kami. Tak lupa, kami juga ingin berterima kasih kepada para peserta yang sudah mendaftarkan diri hadir di acara webinar BGDC ini. Sampai jumpa dan mari bertemu kembali di acara BGDC selanjutnya!

Roger Gilbert Fernandi