Game Review: Hades

Hades yang akhir – akhir ini viral hingga memenangkan beberapa awards dari The Game Awards 2020, merupakan sebuah game yang diproduksi oleh Supergiant Games, LLC yang sebelumnya memproduksi game seperti Transistor, Pyre, dan Bastion.

Hades sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2018 dalam bentuk early access yang lalu pada tahun 2020 ini dirilis secara sepenuhnya dengan update yang berkala. Apa sih yang membuat game ini sampai menjadi nominee dan memenangkan beberapa awards dalam The Game Awards 2020?

read more

Game ini fokus terhadap Zagreus, anak dari Hades, menghadapi berbagai rintangan dan musuh dalam neraka, dalam perjalanannya menuju permukaan bumi dengan bantuan dewa – dewi Olympus. Walaupun plot ceritanya sederhana, game ini bersifat addictive.

Kok bisa addictive? Hal ini dapat dijelaskan dalam dua point.

Pertama, setiap escape attempt, kita dapat menggunakan senjata – senjata yang berbeda yang dapat kita unlock. Selain itu, juga terdapat semacam karunia atau disebut dengan “Boons” dalam game yang diberikan oleh dewa – dewi Olympus yang berbeda – beda setiap escape attempt dengan banyak macam kombinasi yang dapat kita tentukan untuk mendapatkan hasil attack atau defense yang maksimal selama gameplay. Tidak hanya dalam bentuk Boons ini, upgrade juga dapat hadir dalam bentuk upgrade senjata serta upgrade karakter.

Upgrade – upgrade serta Boons yang kita dapatkan per escape attempt tidak bersifat permanen sehingga setiap kita mengawali escape attempt yang baru, status semua upgrade ter-reset. Maka dari itu, gameplay dari game ini dapat dijalankan berbeda – beda dengan kombinasi upgrade berbeda – beda. Hal ini membuat game tidak boring karena kita menghadapi hal – hal baru setiap kita memulai gameplay.

(Sumber: Supergiant Games, LLC)

 

Tidak hanya itu, terdapat juga god mode, dimana tidak seperti di cheat game biasanya yang karakter utama yang kita mainkan akan immune dengan berbagai damage melainkan god mode ini dimulai dengan presentase yang rendah dan dapat berkembang atau meningkat setiap kita mati dalam escape attempt. Jadi bagi pemain yang hanya ingin enjoy bagian aspect story dari game, mode ini sangat membantu untuk menyelesaikan sebuah escape attempt.

Kedua adalah bagian karakter dan story. Karakter – karakter serta cerita dalam game ini berdasarkan Greek Mythology. Walaupun cerita – cerita Greek Mythology dapat saja kita baca dengan biasa melalui internet, game Hades ini membawa cerita bertema Greek Mythology ke level selanjutnya. Dalam game ini kita terus menerus berinteraksi dengan berbagai NPC dalam House of Hades maupun ditengah escape attempt.

(Sumber: Supergiant Games, LLC)

 

NPC tidak hanya idle dan berbicara kalimat yang berulang seperti game biasanya, melainkan kita dapat listen masalah yang dihadapi NPC, interaksi dengan NPC, maupun NPC menanyakan tentang NPC lainnya. Selain itu kita juga dapat deepen the friendship or relationship dengan memberikan Nectar, sebuah item yang kita dapatkan dari escape attempt, untuk lebih mengenal NPC yang kita inginkan, bahkan kita dapat mendapatkan sebuah keepsakes yang merupakan sebuah item yang dapat membantu kita selama escape attempt.

(Sumber: Supergiant Games, LLC)

 

Kita juga dapat memberikan lebih dari hanya sekedar item, kita dapat menyelesaikan masalah NPC seperti mereunikan NPC dengan NPC yang dibicarakannya melalui hasil grinding kita dalam escape attempt untuk mendapat more story dari game ini. Walaupun plot cerita game ini sederhana, yaitu berupa Zagreus yang ingin kabur dari Greek Underworld untuk ke permukaan bumi, game Hades hadir dengan banyak side story yang dapat kita ikuti melalui interaksi – interaksi dengan NPC.

(Sumber: Supergiant Games, LLC)

Masuk ke bagian visual, game Hades hadir dalam bentuk kombinasi 2d dan 3d dengan warna yang colourful dan friendly di mata. Karakter – karakter pun hadir dengan design visual yang menawan, unik, dan memorable. Tidak hanya karakter, environment benar – benar di design dengan baik, menvisualisasikan vibe dari Greek Mythology dengan perfect.

Overall untuk semua aspect game seperti cerita, mechanics, visual, termasuk game replayability, saya beri nilai 10/10. Game ini dijamin seru dan cocok untuk berbagai macam tipe player sesuai dan pantas menerima awards – awards yang dimenanginya dari The Game Awards 2020. Props to Supergiant Games, LLC employees for this masterpiece.

Game Hades hadir di Nintendo Switch, Windows, dan MacOS. Dalam Nintendo eShop, Hades hadir dengan harga $24.99 dan untuk PC atau MacOS hadir dalam Steam dengan harga Rp119,999.