Standar harga game PS5 menaik, wajarkah?

Baru-baru ini Sony telah merilis harga console mereka dimana untuk PS5 dengan Ultra HD Blu-ray disc drive berkisar $499.99 USD dan $399.99 USD untuk digital editon-nya. Nah kali ini Sony juga merilis beberapa harga untuk game-game exclusive mereka, yang paling menarik perhatian saya adalah game Demon souls remake yang dihargai sekitar $70 USD, sama juga untuk beberapa game AAA exclusive  mereka seperti Marvel’s Spider-Man: Miles Morales Ultimate Edition. Walaupun Sony secara official tidak memberikan pernyataan akan menaikkan standar harga game mereka, akan tetapi kita sudah mendaptakan gambaran akan harga game Sony kedepannya. Meskipun hanya naik sekitar $10 USD akan tetapi hal ini dapat menjadi

read more

Yang memberi pertanyaan adalah, wajarkah untuk malah menaikkan harga game mereka ditengah wabah COVID-19 ? belum lagi jika developer dengan senang hati melepaskan DLC, season pass mereka, dan bukankah dengan model distribusi game yang ada pada saat ini seharusnya harga yang diberikan lebih rendah ?

hal ini membuat saya untuk berhipotesis bahwa disini Sony lebih menekankan untuk membeli PS plus mereka dibandingkan membeli game mereka dengan harga retailnya.

Hal ini juga ditekankan oleh Microsoft dengan Xbox game pass ultimate yang dapat di access console Xbox maupun PC ,dan baru-baru ini Xbox game pass ultimate menawarkan full access terhadap EA Access dan Origin Access tanpa biaya tambahan, berarti sekitar 60+ games dari franchise Titanfall, fifa, Need for Speed ,dll. Dimana deal ini memberikan impression yang consumer friendly.

Well subscriptions business aside, apa pendapat kalian dengan naiknya harga game AAA yang mulai menaik ?