Penutupan Playstation Store PS3, PSP, dan PS Vita & Update dari Sony

Pada bulan Maret lalu, Sony meng-update websitenya dengan informasi tertuju kepada pemilik PS3, PSP, dan PS Vita kabar bahwa secara official Sony akan menutup Playstation Store di ketiga console tersebut.

read more

Secara official, Playstation Store untuk PS3 dan PSP akan ditutup pada tanggal 2 Juli, sedangkan untuk console PS Vita, akan ditutup pada tanggal 27 Agustus.

Sepenuhnya informasi dapat dilihat disini https://www.playstation.com/en-gb/support/important-notice/

Important Notice dari Sony

Kabar ini menerima berbagai reaksi dari pemilik console hingga developer game console tersebut.

Dimulai dari pemilik console, karena akan tutupnya Playstation Store PS3, banyak physical copy game PS3 yang dijual dalam kondisi bekas dengan harga tinggi dikarenakan semakin langka dan sudah tidak diproduksi ulang.

Selain itu di pihak developer game, banyak yang kecewa dengan berita tersebut dikarenakan berita tersebut hadir secara tiba – tiba tanpa sepengetahuan mereka maka mereka pun merasa sangat dirugikan dengan kabar ini.

Game – game yang sudah dibuat dengan susah payah oleh para game developer akan lenyap begitu saja serta uang penghasilan dari penjualan game – game tersebut akan terhenti. Bahkan ada game yang sedang dalam development terpaksa harus cancel development versi untuk ps vita.

Walaupun terdapat kabar tersebut, masih terdapat beberapa game developer yang semangat terburu – buru mengerjakan game untuk console PS Vita sebelum penutupan seperti ScourgeBringer, Russian Subway Dogs, dll.

Namun setelah beberapa hari, Sony memberikan update pada tanggal 19 April mengenai penutupan Playstation Store pada ketiga console tersebut

(Source: https://blog.playstation.com )

 

Dalam blog tersebut yang ditulis oleh presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan, beliau menyampaikan bahwa Sony tidak akan menutup Playstation store pada konsol PS3 dan PS Vita tetapi PSP akan tetap dilakukan penutupan. Informasi dapat dibaca selengkapnya disini.