Coral Island: Potensi untuk Bisa Jatuh Hati Lagi Dengan Farm Simulation

Coral Island merupakan game farming simulator buatan Indonesia dengan konsep yang sama dengan game farming simulator lainnya dimana dari game tersebut dimulai dari kota kecil bernama Starlet Town yang terletak di pantai pulau yang memiliki banyak coral ,kita mendapatkan kebebasan sendiri untuk membentuk koneksi antar penduduk pulau dan jadi bagian dari masyarakt tersebut ,berfokus memelihara hewan peliharaan , berfokus dengan bercocok tanam, atau melakukan ketiganya sekaligus, dan juga tambahan baru untuk game ini sendiri yaitu kita dapat membantu membersihkan terumbu karang.read more

Bentuk gameplay dari game ini sendiri sama dengan game farming simulator lainnya dimana bentuk game ini menyediakan fitur bertani atau bercocok tanam dengan kisaran 75 jenis tumbuhan yang dapat ditanam dan kita dapat meng-custom karakternya sebelum bermain.
Di dalam game ini juga berbasis 4 musim seperti beberapa game farming simulator lainnya seperti: winter, spring, summer,dan fall. Selain berkebun di game ini juga disediakan fitur game berternak dimana untuk berternak harus dibuat dulu bangunan khusus untuk hewan tersebut tinggal dan sama seperti game bergenre farm sim ini, kita harus beri makan dan juga dibersihkan untuk meningkarkan kualitas hasil produk dari ternak yang kita pelihara.
Game ini juga memberikan fitur cave mining dengan base level dimana saat menggali di goa tersebut, kita dapat menemukan jalan untuk lebih ke dalam atau ke bawah. Di dalam sistem goanya juga terdapat musuh atau monster yang semakin kuat berdasarkan level yang telah anda capai atau kedalaman goa tersebut. Dalam game ini disediakan juga fitur untuk punya pasangan dengan 16 kandidat pasangan terdiri dari 8 wanita dan 8 pria.
Dalam game ini juga terdapat fitur memancing yang jenis ikannya akan semakin banyak berdasarkan berapa banyak terumbu karang yang telah diselamatkan dalam game tersebut.
Di dalam game ini ada tempat bernama skill tree dimana tempat ini berfungsi sebagai pembukaan skill baru lewat skill point yang nanti bisa kita dapat dalam ingame.

Dari video itu sendiri dan juga beberapa perkembangan yang ada pada website Stairways Games, Coral Island ini menggunakan konsep latar asian tenggara dengan suasana tropis dan beberapa inspirasi kultur Indonesia dengan suasana tropis seperti salah satu contohnya pada kain yang mirip bermotif batik yang digunakan oleh The Giants sendiri. Selain dari kain yang digunakan kita bisa melihat bentuk kepala yang menyerupai bagian kepala yang ada pada wayang kulit Indonesia, lancip dengan bentuk menyerupai arahan ombak laut.

(source: Stairway Games)

Grafik yang digunakan untuk game ini sendiri menggunakan basis campuran 2d dan 3d dimana 3d ini digunakan di bagian pergerakan player dan juga environment sedangkan 2d digunakan untuk portrait karakter dari tiap NPC. Untuk bentuk grafik 2D-nya dapat kita lihat bentuk stylenya mirip dengan Disney.
Coral island sendiri kedepannya akan datang dengan support sampai 8 jenis bahasa, dengan indonesia dan inggris sebagai bahasa yang akan keluar lebih dulu di early access mereka.

Studio Stairways atau studio yang membuat game coral island dibentuk di daerah Jogjakarta, Indonesia dengan Co-founder dari studio tersebut Soma yang juga sekaligus menjadi game producer.Ia sendiri mengatakan bahwa awal ide terkait pembuatan tersebut ia lihat setelah game The Witcher muncul yang akhirnya membuat sang Co-founder ingin membuat game simulator pertanian dengan sisi grafis dan gameplay yang bagus. Ia juga masih melihat pelekaran konsep pengaruh Anime atau Jepang yang membuat Soma merasa harus membuat inovasi dan perkembangan dalam karakter Coral Island.
Di dalam Stairways studio sendiri mereka menamakan crew mereka sebagai Swag Crew yang terdiri dari: Soma sendiri dan Jeremiah sebagai Co-founder & Game Producer; Ayuni sebagai Creative Director; Damas dan Reza sebagai Studio Art Co-Director; Baiquni, Handi, Hansel sebagai 3D Environment Artist.

Berkat dari hasil kerja sama dari Swag crew dan juga beberapa kolaborasi, mereka berhasil membuat konsep yang telah terekam di video trailer dan yang juga ada di website baik Kickstarter maupun di website stairways sendiri, penyampaian konsep tersebut ditangkap banyak perhatian orang dan akhirnya membuat pendapatan untuk Kickstarter-nya terpenuhi targetnya dalam waktu kurang dari 36 jam dan sekarang (update terakhir 31 maret 2021) sudah meraih pendapatan sebanyak 1.639.368 dollar dengan pendukung sebanyak 36.374 orang yang bisa kita simpulkan ini telah mencapai semua target yang mereka janjukan di kickstarter mereka yaitu sampai 1250 ribu dollar.

Banyak beberapa orang bertanya bagaimana coral island ini sendiri bisa banyak sekali peminat dan dengan dalam hanya waktu kurang dari 36 jam target kickstarternya bisa terpenuhi. Pertama kita harus lihat konsep yang dibawakan atau hal pertama yang membuat game tersebut menarik atau terasa berbeda walaupun secara teknis coral island sama dengan game farm sim lainnya.
Pertama yaitu dengan eksplorasi konsep, tidak dapat dihindarkan karya apapun itu bila dibuat dengan inspirasi dan pemberian makna akan sangat terasa berbeda dengan karya yang kita buat dalam waktu jangka kurung singkat atau tanpa ada sedikitpun research atau eksplorasi yang dimana eksplorasi ini contohnya yaitu mau  mengulang sampai mendapatkan hasil yang bagus. Berdasarkan sesi pertanyaan dengan Dimas Nawada, sang art director dari game Coral Island ini ia mengatakan bahwa karna ia yang bertanggung jawab dengan konsep visual aspect dari game tersebut ia dan sang concept artist harus bisa menangkap tema yang ingin disampaikan.

(source: Stairway Games)

Tidak semua konsep dapat diterima, ada yang tertolak dan ada yang dikembangkan lagi dan berdasarkan hasil research dan eksplorasi itu sendiri mereka dapat menentukan bahwa tema game yang mereka tentukan yang bisa masuk ke dalam kategori untuk Coral Island yaitu playful, pleasant, dan rich.Tantangan nya sendiri agar dapat tercapai itu ada pada kerjasama team dimana Dimas sebagai art director dengan semua teamnya untuk bisa mengimplemen konsep baik interior maupun eksterior.

(source: Stairway Games)

Terkadang untuk membuat konsep yang baru atau atau yang belum terpikirkan atau belum pernah dibuat orang lain itu bukan jalan yang tepat, butuh usaha yang lebih untuk mencapai yang namanya suatu hal yang belum pernah dibuat untuk zaman sekarang yang hampir semuanya telah ditemukan. Terkadang solusi yang paling cerdas itu sendiri bukan mencari hal yang baru, melainkan cari konsep yang memang kamu sukai atau terinspirasi lalu coba dengan penerapan yang baru karna sebenernya tidak ada yang original seutuhnya, semua hal yang kita lihat sekarang ini juga merupakan hasil perkembangan suatu hal dari zaman ke zaman lagi dan lagi. Jadi janganlah buang waktumu dan ide kreatifmu untuk mencoba membuat sesuatu yang baru, gunakanlah ide dan energi tersebut ke hal yang memang kamu bisa lakukan dan memang punya keunggulan dalam hal tersebut.