Perpaduan Unik Antara RPG Dengan Farm Simulation, Kitaria Fables

Sumber: https://store.steampowered.com/app/1356280/Kitaria_Fables/ 

Gim unik nan menarik karya Twin Hearts, sebuah perusahaan game developer asal Yogyakarta, Indonesia yang bekerja sama dengan Publisher game asal London, Britania Raya, PQube untuk menghasilkan Kitaria Fables, game action-adventure RPG dengan twist fitur farming. Gim ini menceritakan kita sebagai Nyanza, seorang prajurit yang ditugaskan untuk menjaga Paw Village dari serangan monster. Disinilah kita mendapatkan sebuah lahan untuk bercocok tanam yang merupakan salah satu fitur utama dari gim ini juga. Selain farm simulation nya, gim ini juga mempunyai fitur combat yang tidak kalah menarik. Sistem real-time combat yang memadukan senjata jarak dekat seperti pedang dengan skill magic seperti fireball membuat gim ini kaya akan action. Tidak sampai disitu saja, gim ini juga dapat dimainkan bersama teman kalian dengan menyediakan fitur multiplayer juga loh!Sumber: https://store.steampowered.com/app/1356280/Kitaria_Fables/

Cerita yang dibawakan oleh gim ini pun cukup menarik dengan latar belakang yang cukup baik. Warna yang dipilih dalam gim ini pun cerah dan enak untuk dipandang. Namun, sayang gim ini menurut saya memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah fitur peta yang menurut saya masih bisa dikembangkan lagi, peta yang merupakan salah satu fitur yang cukup penting terutama di game berbasis adventure RPG berguna agar pemain dengan mudah bernavigasi di wilayah yang baru atau sudah pernah ia lewati. Fitur peta di gim ini disisi lain, hanya menampilkan posisi utama kota-kota atau tempat tempat secara umum dan tidak memiliki peta kota ataupun peta di tempat tempat besar yang merupakan safe location seperti kastil yang dimana kita bisa membeli barang dan bertemu banyak penjual. 

Sumber: https://store.steampowered.com/app/1356280/Kitaria_Fables/

Menurut saya gim ini secara garis besar sudah cukup bagus dari sisi teknikal dan mekanik. Saya hanya menyayangkan saja kurangnya tujuan untuk pemain, setelah ia menamatkan gim tersebut serta gim progression yang cenderung monoton, dimana pemain hanya mengambil quest, membunuh monster, menggunakan barang hasil drop monster tersebut untuk membuat senjata yang lebih kuat dan kembali lagi mengambil quest. Hal ini saya rasa dapat menjenuhkan pemain yang kurang suka dengan progression sistem seperti itu. Sistem bercocok tanam dalam gim ini juga saya rasa dapat lebih dikembangkan lagi, seperti dengan menanam sebuah tanaman yang ketika tumbuh dapat memunculkan jenis monster baru yang harus kita lawan terlebih dahulu sebelum memanen tanaman tersebut, atau dapat dengan membuat kebunnya bisa diserang oleh monster yang bisa dihalau dengan jenis tanaman pelindung seperti plant turret. 

Secara keseluruhan, menurut saya gim ini merupakan gim yang cukup menarik karena menggabungkan dua genre yang menurut saya lumayan sulit untuk dijadikan sebuah gim. Namun, gim ini dapat dengan baik mengaplikasikan kedua genre tersebut dalam core mechanicnya. Untuk saat ini Kitaria Fables dapat dimainkan di pc melalui Steam atau di konsol melalui PS4, PS5, dan Nintendo Switch. 

Albert Lucky