Alat Musik Tradisional yang Dikenal Memiliki Arti yang Mistis

Alat Musik Tradisional yang Dikenal Memiliki Arti yang Mistis

Musik merupakan sebuah hiburan bagi beberapa orang karena digunakan untuk bersenang-senang. Pada jaman dahulu, masyarakat Indonesia menciptakan alat-alat musik untuk memainkan musik. Tidak hanya jaman dahulu saja, alat musik tradisional sampai saat ini masih sering digunakan untuk memainkan sebuah lagu. Pada jaman dahulu, adanya alat musik tradisional dapat memiliki fungsi seperti pengisi suasana, sebagai tempat komunikasi, hiburan, kreasi, dan juga upacara budaya. Asal alat musik tradisional juga bermacam-macam, dari Sabang sampai Merauke. Namun, ada beberapa orang yang menganggap beberapa alat musik tradisional sebagai alat musik yang mistis. Berikut adalah alat musik tradisional yang dianggap sebagai alat musik mistis:

  1. Gamelan Jawa

Alat musik tradisional yang berasal dari Jawa ini dipercaya sebagai untuk memanggil dewa, tidak hanya memanggil, tetapi juga untuk sebagai alat komunikasi dengan para dewa. Sering juga warga sekitar Jawa Tengah, lebih tepatnya Jogja mendengar bunyi gamelan yang padahal tidak ada orang disekitar gamelan tersebut. Namun, bunyi dari gamelan tersebut konon dikatakan sebagai pertanda bagi pengunjung yang datang ke Jogja akan senang dan sulit untuk melupakan Jogja.

  1. Seruling Bambu

Alat musik tradisional yang satu ini berasal dari Jawa Barat. Alat musik suling ini juga diketahui dan sering digunakan oleh masyarakat untuk mengiringi musik. Sampai saat ini, suling sudah banyak sekali versi modern nya. Alat musik yang terbuat dari bambu ini juga sering dikatakan sebagai alat musik mistis, karena konon katanya alat untuk pemanggil makhluk halus. Banyak juga seruling yang digunakan sebagai acara ritual dan atraksi ilmu kebal. Maka dari itu, masyarakat kebanyakan beranggapan seruling merupakan media untuk pemanggil orang-orang gaib.

  1. Gong

Alat musik ini merupakan alat musik yang berperan sebagai pengatur ketukan alat musik tradisional. Sering kali alat musik ini digunakan untuk setiap gelaran kesenian. Namun, ada beberapa daerah yang mempercayai bahwa menggunakan alat musik Gong dapat membawa sial. Seperti yang terjadi di Kampung Dukuh dan Babakan, Garut yang konon katanya melarang adanya acara kesenian yang menggunakan alat musik Gong. Karena pernah kejadian setelah menggunakan alat musik Gong, terjadi bencana alam di kampung tersebut.

  1. Angklung

Alat musik satu ini sudah pasti semua orang tahu, karena alat musik ini paling sering digunakan oleh masyarakat saat masih anak-anak. Angklung merupakan alat musik yang berasa dari Jawa Barat. Konon katanya, alat musik Angklung ini merupakan alat musik untuk mengadakan ritual penghormatan kepada Nyi Sari Pohaci dalam kepercayaan Sunda  Masyarakat sekitar percaya, angklung dapat digunakan pada proses pertama dalam menanam padi, masyarakat percaya bahwa dengan mengikat Nyi Sari Pohaci, dapat menumbuhkan dan menghasilkan padi. Selain itu, angklung dipercaya sebagai alat pengusir hama dalam tumbuhan.

Mitos-mitos tersebut belum tentu benar adanya, karena hanya dapat dirasakan oleh beberapa orang saja. Percaya atau tidaknya kita terhadap hal tersebut, ada baiknya kita menghormati kepercayaan yang mereka anut. Karena, mungkin kita tidak mengetahui kejadian yang sebenarnya seperti apa.

Referensi :

  • http://jogjaupdate.com/mitos-mendengar-suara-gamelan-tengah-malam/https://www.unpad.ac.id/2014/04/material-dan-mitos-angklung-tak-terpisahkan-dengan-sektor-pertanian/
  • https://www.liputan6.com/regional/read/3686928/misteri-pantangan-gong-bagi-sebagian-warga-garut
  • https://www.bola.com/ragam/read/4457316/pengertian-alat-musik-tradisional-fungsi-jenis-dan-teknik-memainkan
  • https://www.bola.com/ragam/read/4457316/pengertian-alat-musik-tradisional-fungsi-jenis-dan-teknik-memainkan
Natasya Meidi Darmawan