Seni Musik Sakral Suku Batak Toba

Seni Musik Sakral Suku Batak Toba

Dalam Seni Musik Batak Toba terdapat 2 golongan musik yaitu seni musik vokal (ende) dan musik instrumental (Gondang). Musik ende dilatarbelakangi dengan pandangan hidup atau kehidupan sehari-hari sedangkan Gondang selalu dipakai dalam kegiatan sakral, atau dalam kegiatan yang bersifat religi atau adat istiadat Batak. 

 

Gondang batak merupakan seperangkat alat musik atau ansambel musik yang biasanyadigunakan untuk mengiringi ritual suci. Gondang biasa dipakai untuk mengiri tarian asli suku Batak yaitu tari tor-tor/ tari manortor. Ada dua jenis gondang  berdasarkan ansambelnya, yaitu Gondang Sabangunan dan Gondang Hasapi.

Sumber: https://ilmudewa.co/musik-gondang-berasal-dari-34497093

Gondang sabangunan terdiri dari sarune bolon (alat musik tiup), taganing (5 kendang yang punya peran melodis), gordang (kendang besar penentu ritme), 3-4 gong yang disebut ogung (pembentuk ritme konstan), dan hesek (perkusi, biasanya kayu atau botol yang dipukul). Gondang hasapi terdiri dari hasapi ende (sejenis gitar kecil 2 senar), garantung (gambang kayu), sulim (suling bambu berselaput kertas getar), sarune etek (sejenis klarinet), dan hesek.

Menurut Mark Kenyton, kandidat doktor dari Universitas Washington, Amerika Serikat, Gondang memiliki nada pentatonik yang unik. Ia mengatakan bahwa Gondang memiliki nada unik yang sulit ditemukan di tempat lain di dunia. Bahkan, dibandingkan dengan musik pentatonik yang hampir sejenis, seperti gamelan Jawa dan Bali, gondang tetap berbeda karena setiap ansambelnya tak sama. Ketukan melodi gamelan Jawa dan Bali cenderung pakem, sedangkan gondang bervariasi, tergantung dari improvisasi dan estetis pemain sarune dan taganing, yang kadang bermain seperti sedang trance.

Referensi:

Kaya, Indonesia. (Diakses tahun 2022). Gendang Batak Toba, Musik dalam Balutan Religi. Indonesia: IndonesiaKaya.com

Burhanudin, M, Hilmi Faig, M. (2011). Gondang Batak, Kegeniusan Lokal yang (Nyaris) Terlupakan. Indonesia: KOMPAS.com. 

https://ilmudewa.co/musik-gondang-berasal-dari-34497093

Sisilia Sitorus