Piano vs. Organ, Mana yang Lebih Sulit?

Piano vs. Organ, Mana yang Lebih Sulit?

Sumber: https://joshuarosspiano.com/organ-vs-piano/

Cara memainkan alat musik piano dan organ memang terlihat mirip. Namun, di antara mereka, terdapat perbedaan yang terlihat jelas dari berbagai aspek. Piano termasuk ke dalam alat musik perkusi atau percussion, sedangkan organ termasuk ke dalam tipe alat musik tiup kayu atau woodwind, dimana ketika dimainkan kedua alat musik tersebut memiliki perbedaan bunyi yan jelas di antara 2 tingkat tuts-nya. Selain itu, tuts piano perlu ditekan berulang kali untuk memperpanjang nada (tanpa bantuan pedal), sedangkan tuts organ hanya butuh ditekan lebih lama. 

Jika tadi sudah membahas mengenai tipe alat musik beserta cara menekan tuts, sekarang kita akan masuk lebih dalam mengenai perbedaan antara piano dan organ. Perbedaan tersebut, diantaranya: 

  1. Pengiring suatu instrumen. Untuk piano, karena tekanan tuts nya memiliki kekuatan yang cukup besar, hal itu menjadikannya sebagai pengantar dari sebuah lagu. Sedangkan organ, karena tekanan tuts nya tidak memiliki kekuatan yang cukup, alat musik ini hanya digunakan sebagai pengisi suara untuk melengkapi alat musik perkusi lainnya. 
  2. Pedal yang digunakan. Piano hanya memiliki 3 pedal yang disebut una corda, sostenuto, dan sustain pedal. Ketiga pedal ini juga punya fungsi yang berbeda. Sedangkan, organ memiliki 1 set pedalboard dimana jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan pedal piano, serta memiliki banyak suara. 

Berbicara mengenai alat musik mana yang lebih sulit, piano atau organ? Sebenarnya kedua alat musik ini memiliki kesulitannya masing-masing. Namun, apabila dilihat dari cara memainkan keduanya yang disertai dengan sebuah lagu, jelas akan lebih sulit ke organ. Karena saat membaca partitur lagu, akan ada tambahan not untuk pedal kaki yang harus dimainkan. Selain itu, organ menjadi lebih sulit untuk dimainkan, karena kita harus mensinkronkan antara permainan tuts dan pedal. Akan tetapi, apabila dilihat dari keras lembut nada, legato, dll, piano akan lebih sulit untuk dimainkan.

References

Ross, J. (2022). Organ Vs Piano – Everything You Need To Know! Joshua Ross. Retrieved June, 3 2022 from https://joshuarosspiano.com/organ-vs-piano/

Duncan, L. (2020, December 29). Organ Vs Piano; The Difference, Which Is Harder & More. Music Industry How To. Retrieved June, 3 2022 from https://www.musicindustryhowto.com/organ-vs-piano/

Rimmers Music Blog. (2020, March 6). What’s The Difference… A Piano, Keyboard, Synthesizer, Or An Organ? https://www.rimmersmusic.co.uk/blog/2020/03/whats-the-difference-a-piano-keyboard-synthesizer-or-an-organ/#:~:text=A%20piano%20is%20a%20percussion,of%20woodwind%20and%20reed%20instruments.

Kivumbi. (2010, May 19). Difference Between Piano and Organ. Difference Between.net. Retrieved June 3, 2022 from http://www.differencebetween.net/object/difference-between-piano-and-organ/

#SalamBDM

Syahel Khansadefi Maritza