Konser Gitaris Untuk Negeri

Konser Gitaris Untuk Negeri

Sumber: https://www.instagram.com/p/Cl-L_8WLhCZ/?hl=id

Konser gitaris untuk negeri merupakan sebuah acara amal sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas terhadap para korban bencana yang terjadi di Indonesia, dimana dimulai sejak tahun 2010 sejak peristiwa Gunung Merapi, dan berlanjut di tahun 2014, 2016, 2020, dan yang terbaru di tahun 2022 ini dalam rangka penggalangan dana untuk gempa di Cianjur. Dimana berkerja sama dengan Harian Kompas dan Bentara Budaya, mengumpulkan para musisi yang tergabung dalam komunitas gitaris Indonesia.  Ada banyak nama besar dalam konser ini seperti Endah Widiastuti, Andra Ramadhan, Ridho Hafiedz, Dewa Budjana, Kongko Cadillac, Gugun, Ramadhista Akbar, Tohpati, Ian Antono, Edi Kemput, Jubing Kristianto, dan Josephine Alexandra. Selain itu Gerald Situmorang, Iga Massardi, Sonny J-Rock, Ezra Simanjuntak, Rully Worotikan, John Paul Ivan, Utox, Zendhy Kusuma, Randee, Nikita Dompas, Boris, Adit Element, Noldy, Karis, Agam Hamzah, Baim, dan Tommy Garux juga ikut meramaikan deretan gitaris yang berpartisipasi. Peran music director dalam konser ini diambil oleh Denny Chasmala, Andre Dinuth sebagai gitaris pengiring, Yandi Andaputra pada drum, juga Franky Sadikin, dan Wanda Omar pada bass.

Selain menampilkan banyak gitaris ternama konser ini juga dihadiri oleh beberapa penyanyi dan band Indonesia seperti Kaka (slank), Cokelat, Chiko, Tompi, Ipang Lazuardi, Pieter Anroputra, Andi rif, Rian (d’Masiv), Uap Widya, Sheryl Sheinafia dan Bella Fawzi. Konser ini sendiri dilaksanakan di Bentara Budaya Jakarta pada 7 Desember 2022 kemarin, dimana masyarakat bisa menonton secara gratis baik secara onsite maupun online yang disiarkan secara live di semua youtube media Kompas. Hasil dari konser amal ini sendiri berhasil mengumpulkan jumlah yang besar untuk donasi korban gempa di Cianjur yaitu sebanyak 4,6 Milliar Rupiah. 

Referensi:

https://www.kompas.id/baca/bebas-akses/2022/12/08/cinta-musisi-untuk-cianjur

https://www.kompas.tv/article/356422/konser-amal-gitaris-untuk-negeri-kumpulkan-donasi-rp4-6-miliar-untuk-korban-gempa-cianjur 

#SalamBDM

Jeremy Kenneth