Manfaat Berlatih Instrumen Menggunakan Metronome

(Sumber: https://www.djarumcoklat.com/article/metronome-sang-pengajar-tempo)

Hai BDM-ers! Kalian tentu sudah familiar dengan alat yang terdapat di gambar di atas ini, bukan? Seperti yang sudah kita ketahui, alat di atas ini bernama metronome, yang merupakan alat yang berfungsi untuk membunyikan ketukan sebagai patokan tempo dalam sebuah permainan musik. Asal nama metronome sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno, yang terdiri dari métron , yang berarti ‘mengukur’, dan némo, yang berarti ‘saya mengelola’ ataupun ‘saya memimpin’. Dari pengertian ini, bisa kita simpulkan juga bahwa metronome merupakan alat yang dapat digunakan untuk memimpin para pemain instrument untuk memainkan instrumennya sesuai dengan tempo yang diinginkan. Sedangkan, tempo sendiri merupakan ukuran kecepatan lagu. 

Bagi pemain instrument, berlatih bermain sesuai dengan tempo yang ditentukan menggunakan metronome merupakan salah satu hal yang sangat krusial. Namun, seringkali berlatih menggunakan metronome ini membuat para pemain merasa malas. Hal ini menyebabkan para pemain instrument seringkali hanya berlatih sesuai dengan instinct saja, tanpa menggunakan metronome, sehingga tempo dari instrumen yang dimainkan menjadi berantakan. Nah, sebenarnya apa saja sih, kegunaan metronome? Yuk kita lihat!

  1. Melatih pemain agar dapat memainkan instrument dengan tempo yang stabil

Dalam bermain musik, pemain instrument tentunya sudah pernah mengalami kesulitan dalam mempertahankan tempo musik. Kadang, jika kurang latihan ataupun bermain tanpa metronome, permainan instrument seringkali jadi makin lambat ataupun makin cepat, sehingga keluar dari tempo. Nah, kesalahan ini bisa kita hindari dengan berlatih menggunakan metronome, nih! Dengan menggunakan metronome, kita jadi lebih terbiasa dengan tempo yang sudah ditentukan dan bisa bermain dengan tempo yang lebih stabil.

  1. Meningkatkan pengenalan akan tempo musik

Dengan menggunakan metronome, pemain juga dapat membuat dirinya lebih familiar dengan berbagai macam tempo yang ada, karena sering mendengarkan tempo tersebut melalui metronome yang digunakan. 

  1. Melatih pemain agar lebih mengerti letak ketukan dan pembagiannya

Selain untuk lebih mengenal tempo dan melatih tempo yang stabil, metronome juga dapat membantu para pemain agar dapat memahami letak ketukan dan pembagian yang ada dalam lagu yang ingin dimainkannya. 

  1. Dapat diaplikasikan ke berbagai alat musik

Penggunaan metronome tidak hanya dapat diaplikasikan ke satu alat musik saja loh, BDM-ers! Mulai dari instrument yang ditiup, dipukul, dipetik, hingga vocal pun dapat dilatih menggunakan metronome. Manfaat yang akan didapatkan oleh setiap pemain jika menggunakan metronome pun tetap akan sama meskipun instrument yang digunakan berbeda, yaitu melatih tempo yang stabil, mengenal tempo, serta membantu musisi memahami letak ketukan dan pembagiannya. 

Nah, setelah melihat berbagai fungsi metronome, kalian tentunya jadi lebih paham tentang manfaat berlatih instrument menggunakan metronome, bukan? Yuk BDM-ers, kita biasakan lagi menggunakan metronome setiap latihan instrument!

Referensi:

Gischa, S. (2021, August 9). Metronome: Pengertian, fungsi, dan manfaat. Kompas. https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/09/131744569/metronome-pengertian-fungsi-dan-manfaat

K. (2021, September 14). Pengertian tempo lagu, jenis, ciri-ciri, dan cara menghitungnya. Detik.com. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5722116/pengertian-tempo-lagu-jenis-ciri-ciri-dan-cara-menghitungnya

Mengenal fungsi metronome serta peran pentingnya dalam musik. (2022, January 24). Superlive. https://www.superlive.id/news/mengenal-fungsi-metronome-serta-peran-pentingnya-dalam-musik

#SalamBDM

Adriella Noah