Manfaat Musik Bagi Bayi dan Anak-anak

Manfaat Musik Bagi Bayi dan Anak-anak


(Sumber: familyminded.com)

Musik memiliki manfaat yang beragam, mulai dari mengurangi stres, menghibur, hingga menyampaikan pesan. Namun, apa saja kah manfaat musik untuk bayi ataupun anak-anak yang masih terlalu kecil untuk mengerti pesan-pesan yang terkadang sangat kompleks?

Berikut ini merupakan beberapa manfaat musik bagi anak:

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Ketika mendengarkan musik, otak anak menjadi lebih aktif bekerja. Hal ini membuat fungsi otak dan daya memori anak pun meningkat saat mendengarkan musik. Baik bermain musik ataupun mendengarkan musik, kemampuan otak anak sama-sama akan meingkat saat mendengarkan musik.

    2. Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak

Musik bermanfaat dalam melatih kemampuan motorik anak serta sensitivitas telinga anak-anak. Young Parents Singapura bahkan menyatakan bahwa salah satu latihan fisik yang hebat bagi bayi adalah musik. Musik melatih koordinasi antar indra pada bayi dan anak-anak. Hal ini dapat dilakukan melalui menari ataupun bergoyang diiringi dengan musik. Bermain musik juga dapat melatih koordinasi antar indra pada anak-anak.

    3. Meningkatkan Keterampilan Bahasa

Dengan mendengarkan musik yang mengggunakan bahasa yang berbeda-beda, bayi dan anak-anak jadi terbiasa mendengarkan berbagai bahasa. Dengan kemampuan menyerap informasi yang sedang tinggi-tingginya, mendengarkan musik berbahasa asing dapat membuat anak menjadi familiar dengan bahasa-bahasa tersebut. Daniel Levitin, Ph.D., mengatakan bahwa “otak bayi sudah dipersiapkan sebelumnya untuk mempelajari musik, demikian halnya dengan pembelajaran bahasa”. Oleh karena itu, musik adalah salah satu medium yang paling tepat untuk membuat bayi dan anak-anak menjadi familiar dengan berbagai bahasa.

    4. Melatih kemampuan pengendalian diri

Proses belajar alat musik yang seringkali memakan waktu lama, terbukti melatih anak-anak untuk bersabar dan menjaga konsistensinya. Dalam hal ini, orang tua pun berperan dalam membimbing anak-anaknya untuk belajar bersabar dalam mempelajari instrument ataupun lagu yang dipelajarinya. Dengan begini, nantinya anak pun sudah terbiasa untuk mengendalikan dirinya jika dihadapkan dengan situasi yang membutuhkan kesabaran

    5. Meredakan rasa cemas dan stress

Selain keempat hal yang sudah dibahas di atas, musik juga bermanfaat untuk meredakan stress dan cemas pada bayi dan anak-anak. Musik dapat memperbaiki mood para pendengarnya, tak terkecuali bayi dan anak-anak. Dengan mendengarkan musik, bernyanyi, bermain alat musik, atau bahkan menari sambil diiringi musik, suasana hati bayi dan anak-anak yang tidak baik pun dapat terobati.

Nah, BDM-ers, itu dia manfaat musik bagi bayi dan anak-anak. Manfaat-manfaat inilah yang membuat banyak orang tua kerap kali mengenalkan anak-anaknya terhadap musik sejak dini. Boleh dicoba juga nih, buat adik-adik atau kerabat kalian di rumah!

Referensi

Adrian, K. (2022, Februari 15). 5 manfaat musik untuk anak. Alodokter. https://www.alodokter.com/5-manfaat-musik-untuk-anak

Manfaat musik bagi anak. (2022, Maret 9). Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/manfaat-musik-bagi-anak

Musik untuk perkembangan otak bayi, apakah bermanfaat? Simak penjelasannya! (2020, Agustus 15). Orami. https://www.orami.co.id/magazine/4-manfaat-musik-untuk-perkembangan-bayi-dan-cara-menerapkannya

#SalamBDM

Adriella Noah