UNTUK APA SIH DIRIGEN DI DUNIA ORKESTRA?

Sumber: http://www.japantimes.co.jpg

Halo sobat penggemar musik! Dalam sebuah penampilan Orkestra, kalian tentu tidak asing dengan istilah dirigen (conductor). Tahu tidak? Dirigen adalah profesi yang paling dipandang di dunia, loh! Namun, apa sih sebenarnya yang dilakukan seorang dirigen dalam penampilan Orkestra? Apa fungsinya? Dan kira-kira apa sih yang akan terjadi jika dirigen itu tidak ada? Apakah akan terasa berbeda atau tidak? 

Walau hanya terlihat berdiri sambil bergestur didepan orkestra, tetapi faktanya seorang dirigen berperan sangat penting dalam kelangsungan penampilan Orkestra. Dirigen (conductor) adalah seseorang yang memimpin orkestra, paduan suara, grup opera, balet, atau grup musik lainnya dalam pertunjukkan dan interpretasi karya ansambel. Dirigen bertugas untuk memberi ide dan membimbing para musisi untuk menciptakan penampilan yang maksimal. Gestur yang dilakukan dirigen juga bukanlah gerakan asalan, tetapi merupakan pola ketukan untuk membantu para musisi dengan berbagai instrumen agar mengikuti ritme metrik yang sama. Gestur tersebut juga bertujuan untuk menginterpretasikan pesan dari komposer melalui gerakan yang begitu transparan sehingga para musisi dalam orkestra dapat memahaminya dengan sempurna.

Apakah menjadi seorang dirigen itu harus bisa memainkan setiap alat musik? 

Sebenarnya tidak juga, tetapi seorang dirigen harus mampu mendalami pemahaman setiap instrumen secara maksimal. Hal ini akan membangun kepercayaan pada para musisi dan dapat dengan mudah menyesuaikan arahan notes yang nyaman dimainkan musisi. 

Kenapa Orkestra membutuhkan seorang dirigen? Apa yang terjadi jika dirigen itu tidak ada?

Dirigen berfungsi sebagai pemimpin dalam Orkestra yang mengarahkan para musisi untuk mencapai penampilan yang maksimal. Namun, keberadaan dirigen itu sebenarnya tergantung pada komposisi musik yang akan dimainkan. Contohnya dapat kita amati dari sebuah Orkestra bernama Orpheus Chamber Orchestra yang dikenal dengan penampilan tanpa seorang dirigen. Anda dapat mendengarkan rekaman mereka tanpa tahu bahwa penampilan mereka dilakukan tanpa seorang dirigen. 

Sementara beberapa musik klasik cocok dibawakan tanpa seorang dirigen, karya lain yang lebih kompleks sangat membutuhkan peran seorang dirigen untuk menjaga sinkronisasi para musisi. Nyatanya, ada beberapa karya yang ritmenya begitu rumit sehingga digunakan tiga dirigen.  Rekaman pertama Simfoni Keempat Ives oleh Leopold Stokowsky menggunakan tiga dirigen (tetapi sekarang telah rutin menggunakan hanya satu dirigen), dan sebuah karya berjudul Gruppen oleh Karlheinz Stockhausen juga membutuhkan tiga dirigen.

Sumber:

Eliza (2022). Do we really need conductors? [online] Available at: https://interlude.hk/conductors-1-3-conductor-basics-who-are-they-and-what-do-they-do/.

‌Gateway, M. (2019). Music Conductor – What Exactly Does A Conductor Do? [online] Music Gateway. Available at: https://www.musicgateway.com/blog/music-theory/music-conductor.

Felicia Fincen