World Music Day

Tahukah kalian, bahwa hari musik sedunia jatuh pada tanggal 21 Juni? Pada kesempatan ini, BDM ingin menceritakan seputar perayaan ini, atau yang dikenal dengan sebutan World Music Day.

World Music Day adalah sebuah perayaan musik tahunan, yang berasal dari negara Perancis. Awalnya dikenal dengan sebutan Fete de la Musique, perayaan ini diprakarsai oleh seorang direktur musik tari, Maurice Fleuret. Ia mengusulkan agar dirayakannya pentas seni musik yang menyatukan beberapa musisi profesional dan amatir dalam satu panggung, membuat musik bersama. Idenya tersebut kemudian diteruskan kepada Jack Lang, yang pada tahun 1981 menjabat sebagai Menteri Kebudayaan Perancis, hingga akhirnya terealisasi pada tahun 1982 dalam sebuah festival kecil-kecilan di jalan raya kota Paris. Festival tersebut kemudian menjadi fenomena internasional, yang dirayakan oleh seluruh dunia mulai dari Amerika, Inggris, Australia, Kanada, Rusia, Italia, bahkan Ekuador dan Meksiko.

Di Indonesia sendiri, perayaan hari musik jatuh pada 9 Maret, yang berasal dari usulan Persatuan Artis, Pencipta dan Rekaman Musik Indonesia (PAPRI) yang mengarah kepada W.R. Supratman, pencipta lagu Indonesia Raya, yang lahir pada tanggal 9 Maret 1903. Pada akhirnya, Presiden Megawati menetapkan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional.

Kami berharap, kegiatan-kegiatan kami mampu membuat musik Indonesia menjadi lebih baik lagi, dengan langkah awal untuk mengharumkan nama BINUS University, yang kemudian dilanjutkan dengan nama Bangsa Indonesia. #salamBDM