Get To Know Better: Ryuichi Sakamoto

Ryuichi Sakamoto merupakan seorang komposer, aktor, dan record producer yang lahir di Jepang pada tanggal 17 Januari 1952. Ryuichi Sakamoto terkenal dengan karyanya di band musik elektrik Yellow Magic Orchestra dan di berbagai film seperti; Merry Christmas Mr. Lawrence dan The Last Emperor. Sakamoto berhasil meraih Oscar, Grammy dan Golden Globe dengan karyanya di film The Last Emperor. 

The unyielding spirit of Ryuichi Sakamoto | The Japan Times

Sumber: https://www.japantimes.co.jp/culture/2023/04/05/music/ryuichi-sakamoto-legacy/

Ryuichi memulai karirnya sebagai produces dan arranger ketika dia masih belajar di Tokyo National University. Ia lalu membentuk grup musik Yellow Magic Orchestra bersama temannya dan mengeluarkan album pertamanya di tahun 1978. Kemudian, Ryuichi Sakamoto memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan genre musik elektrik pada masa itu. Sakamoto dapat bermain berbagai alat musik namun ia memiliki hubungan yang spesial dengan Piano. Ia sudah menyentuh piano sejak dia berusia 3 tahun. 

Sayangnya di tahun 2014 Ryuichi Sakamoto didiagnosa kanker tenggorokan stadium 3 yang menariknya dari dunia musik. Bahkan ia merasa kesulitan untuk mendengarkan musik karena ia merasa lelah. Ryuichi Sakamoto menuangkan perasaan dan pengalamannya ke dalam albumnya yang berjudul async di tahun 2017. Pengalamannya melawan kanker membuat Ryuichi Sakamoto merasa bersyukur atas hal kecil yang ia masih dapat nikmati. Ryuichi Sakamoto meninggal dunia pada 28 Maret 2023 di usianya yang ke-73. May he rest in peace. 

“I’m just delighted to be living, to be able to have a simple conversation, to feel a ray of sunlight on my skin and listen to the breeze move through the leaves of a tree.”

  • Ryuichi Sakamoto

 

Sumber:

Goh, A. Y. and A. (2023). 7 things to know about famed Japanese composer Ryuichi Sakamoto. Tatler Asia. Retrieved April 20, 2023, from https://www.tatlerasia.com/lifestyle/arts/sg-5-things-you-didnt-know-about-ryuichi-sakamoto

Xplore. (n.d.). Top 10 Ryuichi Sakamoto quotes. BrainyQuote. Retrieved April 20, 2023, from https://www.brainyquote.com/lists/authors/top-10-ryuichi-sakamoto-quotes

Aimee Gabrielle