Alat Musik Nusantara

Alat Musik Nusantara

Dengan melihat garis pantai terpanjang ke dua di dunia dengan panjnag 95.121 km kita tau bahwa Indonesia merupakan negara yang luas dan besar. Terlebih lagi dengan 2.590 pulau yang ada di Indonesia ini menyebabkan banyaknya budaya yang beredar di Indonesia. Di tahun 2018 Kementrian Pensisikan dan Kebudayaan menetepkan adanya 225 warisan budaya tak benda. Warisan budaya tak benda ini dapat berebentuk bahasa, adat istiadat, pakaian adat, dan juga alat musik.

Indonesia juga memiliki banyak alat musik yang termasuk dalam budaya ini, setiap provinsi memiliki satu atau bahkan lebih alat musik tradisional. Contohnya di probinsi Jawa Barat terdapat alat musik anggklung, Gamelan, Kecapi, dan juga Calung. Tapi apakah kalian tahu bahwa terdapat beberapa alat musik yang mendunia. Alat musik pertama yang mendunia adalah Angklung. Siapa sih orang indonesia yang tidak tau angklung, tapi kalian tau tidak bahwa angklung sudah mendunia lo? Alat musik asalh Jawa barat ini sudah diakui oleh UNESCO pada tanggal 16 November 2016. Alat musik ini terbuat dari bamboo dan dimainkan dengan cara digoyangkan, setiap angklung akan memainkan satu nada. Berdasarkan data dari Kompas.com menyatakan bahwa angkkung sudah ada sejak zaman hindu dimana angkulung ini digunakan untuk upacara ritual keagamaan. Angklung sendiri memiliki dua jenis yaitu Angklung pentatonic dan Angklung modern. Angklung sendiri juga sudah berada di koin seribu rupiah.

Alat musik kedua yang sudah mendunia adalah Sasando. Sasando merupakan alat musik khas dari Pulau Rote, Nusa Tenggara yang dimainkan dengan cara dipetik. Sasando merupakan alat musik yang berbahan dasar bambu dan daun lontar yang berbentuk melingkar dengan terdapat tabung.

Alat musik yang ketiga adalah gamelan. Gamelan merupakan alat musik dari Jawa barat yang dimainkan dengan cara di pukul. Gamelan sendiri adalah orchestra atau ansambel alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Hal ini juga mereuapakan arti dari kata gamel di bahasa jawayang berarti pukul atau manabuh. Didalam ansambel ini terdii dari beberapa alat musik nusantara seoeri kendang, bonang, demung, saron, rebab, gangsa, gong, dan slenthem.

Dari ketiga contoh alat musik yang mendunia ini membuat kita sebagai pemuda dan pemudi Indonesia bangga akan bangsa kita. Bangsa kita yang memiliki berbagai budaya yang di pandang oleh dunia. Jika dunia saja memandang akan budaya kita, kenapa kita malah malu dan tidak mau mendengarkan musik nusantara dengan berbagai alasan seperti jadul dan lain-lain. Bangga-lah akan budaya kita karena jika bukan kita yang cinta dan menyebarluaskan alat musik ini siapa lagi?

Eilene Christina Chu