Musik Modern: Merusak Musik Tradisional atau tidak?

Pada masa zaman ini, telah banyak perubahan yang telah terjadi di masyarakat pada dalam hal budaya, teknologi dan tentu juga musik. Pada masa ini telah terjadinya globalisasi yang sangat tinggi bagi kalangan masyarakat muda sehingga dalam hal ini efek globalisasi ini sangatlah berpengaruh kepada generasi muda dalam hal budaya kemusikan. 

Musik modern ini atau dikenal sebagai musik barat telah menjadi musik yang sangat dikenal bagi kalangan anak muda. Musik tersebut terdapat berbagai macam macam genre yang sangat disukai oleh anak anak muda seperti genre hip-hop, rock, K-pop, EDM, dll. Hal ini tentunya memiliki banyak alasan mengapa hal ini bisa terjadi pada masa saat ini. Kita sudah mengetahui dengan adanya internet, kita bisa menjelajahi musik musik baru di berbagai aplikasi seperti youtube, spotify, tiktok, dll sehingga dalam hal ini banyaknya generasi muda dengan mudah menemukan musik favorit mereka melalui internet. Tak hanya itu musik barat ini juga sangat menyenangkan untuk didengar seperti suara bass, suara penyanyi yang merdu dan juga penyanyi yang bisa melalukan beatbox yang membuatnya musik barat adalah musik yang paling digemari oleh generasi muda.

Di dalam musik tradisional, masih banyak yang menggunakan alat alat musik tradisional yang bahkan kebanyakan dari generasi muda tidak mengetahui alat alat musik tradisional apa saja seperti angklung, kolintang, gendang, dll. Bahkan saja kebanyakan lagi tradional menggunakan bahasa daerah yang tentunya belum tentu dikenali oleh banyaknya generasi muda.

Namun apakah pengaruh musik modern ini merusak musik tradisional?. Tentu jawabannya iya, tetapi dengan adanya musik modern ini, ini adalah kesempatan bagi musik tradisional untuk meningkatkan levelnya dengan musik modern. Hal ini bisa dengan dilakukan dengan cara remastered lagunya seperti menambahkan bass ataupun electric musik tanpa menghilangkan unsur unsur isi yang penting di dalam lirik lagu tradisional sehingga musik tradisional ini akan menjadi lebih dikenal lagi oleh kalangan generasi muda bahkan juga masuk kedalam internasional. 

Referensi

Haya, Z. (2023, January 2). Globalisasi Budaya: Pengaruh Musik barat di kalangan generasi millenial Indonesia. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/zannubafadilahaya6768/63b29117812e696e2951b762/globalisasi-budaya-pengaruh-musik-barat-di-kalangan-generasi-millenial-indonesia

Rukmana, F. I. (2015). Pengaruh Musik DJ terhadap Persepsi, Perilaku, dan Penampilan para Pengunjung di Liquid Café Semarang. Skripsi. Semarang: Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/22745/1/2501409080.pdf

Dhanief Fauzan Ismail