Angklung sebagai Alat Musik Tradisional Indonesia

Angklung sebagai Alat Musik Tradisional Indonesia

Salah satu alat musik tradisional indonesia yang sangat terkenal merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan, dan alat musik itu adalah angklung. Angklung ini berasal dari daerah Jawa Barat dan terbuat dari bahan dasar Bambu yang diberi rongga membentuk tabung dan disusun sedemikian rupa sehingga, Ketika digoyangkan mampu mengeluarkan nada-nada tertentu.

Pada sejarahnya, Angklung ini tidak hanya digunakan sebagai alat musik saja tetapi Angklung juga merupakan bagian dari ritual dan kegiatan keagamaan. Diketahui bahwa angklung hadir sejak zaman Hindu di Indonesia sehingga dulu angklung seringkali dimanfaatkan sebagai bagian dari upacara dan juga sebagai pengganti genta (bel) yang digunakan pedanda (Pendeta Hindu).

Selain itu, Angklung juga sudah menjadi bagian dari masyarakat sejak dulu karena, Angklung merupakan alat musik yang bernada yang sangat mudah ditemukan ataupun dibuat oleh masyarakat. Sehingga, membuat Angklung sangat familiar bagi masyarakat terutama di daerah Jawa Barat. Dengan bentuknya yang relative praktis dan juga bahan baku Bambu yang sangat mudah ditemukan membuat Angklung tersebar luas dan dikenal sebagai alat musik Tradisional yang sangat marak ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Angklung juga sudah ditetapkan dan diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya di dunia. Alat musik Angklung ditetapkan menjadi warisan dunia oleh UNESCO pada tanggal 10 November 2010 tercatat sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia. Oleh karena itu, Angklung merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang terkenal dan diakui oleh dunia sehingga kita sebagai masyarakat Indonesia sudah sepatutnya bangga terhadap warisan dan alat musik tradisional kita.

Maka dari itu, Peran kita sebagai Rakyat Indonesia adalah menjaga kebudayaan dan warisan alat musik tradisional Indonesia dan melestarikan keberadaannya sehingga dapat dikenal dan diketahui oleh generasi mendatang. Sudah seharusnya kita bangga dengan keragaman dan banyaknya warisan budaya Indonesia terutama di bidang Musik. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama menjaga dan mendukung alat musik tradisional kita yang termasuk salah satunya adalah Angklung.