Angklung

Angklung

Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Angklung sendiri sudah ada pada abad ke-12 pada masa Kerajaan Sunda. Angklung sendiri terbuat dari bamboo, hal tersebut memiliki pandangan tersendiri pada masyarakat Sunday aitu padi (pare) sebagai sumber maknan atau kehidupan yang memeiliki keterikatan terahdap Nyai Sri Pohacai sebagai lambing Dewi Padi sebagai pemberi kehidupan.

Angklung sendiri telah dikenal dunia sejak lama. Angklung memiliki peminat yang sangat tinggi terutama negara di Eropa dan Asia. Angklung sendiri pernah mengambil peran penting dalam melakukan cross Cultural pada tahun 1908 tercatat bahwa Indonesia melakukan misi kebudaya ke Thailand dengan melakukan penyerahan angklung .

Angklung sendiri memiliki banyak jenis dan memiliki kegunaanya tersendiri.
Berikut adalah jenis-jenis angklung berdasarkan fungsi dan daerah

  • Angklung Dogdog Lojor

Angklung ini digunakan pada saat ritual tradisi Dogdog Lojor yakni sebuah tradisi penghormatan kepada tanaman padi. Tradisi ini masih dilakukan masyarakat Kasepuhan Pancer Pangawinan atau kesatuan adat Banten Kidul.

  • Angklung Gubrag

Angklung gubrag terdapat di kampung Cipining, kecamatan Cigudeg, Bogor. Angklung ini telah berusia tua dan digunakan untuk menghormati Nyai Sri Pohacai dalam kegiatan Bertani

  • Angklung Buncis

Alat musik angklung jenis ini dimainkan saat perayaan Buncis, sebuah seni pertunjukan tradisional berupa hiburan yang kerap diselenggarakan di daerah Baros, Arjasari, Bandung.

  • Angklung Daeng Soetigna/Padaeng

Angklung jenis ini dikenalkan pertama kali oleh Daeng Soetigna tahun 1938. Apa yang dilakukan Daeng sebenarnya sangat sederhana. Angklung ini merupakan angklung yang sering digunakan hingga saat ini beliau merubah nada pentatonic menjadi diatonic-kromatis
(do-di-re-ri-mi-fa-fi-sol-la-li-si dst).