Mengenal IOEF: Festival Orkestra Terbesar di Asia Tenggara

Mengenal IOEF: Festival Orkestra Terbesar di Asia Tenggara

Sumber: Instagram.com/ioef_fest

Indonesia Orchestra and Ensemble Festival atau yang biasa dikenal dengan IOEF merupakan acara festival orkestra terbesar di Asia Tenggara. IOEF pertama kali digelar pada tahun 2016 dengan tujuan untuk memfasilitasi para penikmat musik orkestra, sekaligus menjadi wadah bagi para pelaku musik orkestra dan ensembel tanah air untuk saling menginspirasi. IOEF juga menjadi tempat bagi masyarakat untuk lebih mengenal musik orkestra dengan workshop dan seminar yang dibimbing langsung oleh ahlinya.

IOEF merupakan hasil kolaborasi dari Musicmind yang merupakan penyelenggara pendidikan musik dan TRUST Orchestra yang merupakan orkestra remaja terbesar di Jakarta. Dr. Nathania Karina, sebagai Founder & Festival Director IOEF serta Direktur Musik Trust Orchestra memiliki peran yang penting dalam penyelenggaraan IOEF ini.

IOEF tidak hanya dihadiri oleh grup musik orkestra Indonesia, tetapi juga mancanegara. Festival ini juga sempat menampilkan sejumlah special show dan workshop yang menghadirkan berbagai grup serta musisi-musisi orkestra dari mancanegara (pada tahun 2019), seperti Malaysian Philharmonic Youth Orchestra yang merupakan salah satu orkestra remaja terbaik di Asia Tenggara, CLARQUINET dari singapura, dan sebagainya. Lebih istimewanya lagi, IOEF tidak mengambil profit dalam penyelenggaraannya.

Di tahun ini, IOEF akan kembali diselengarakan di Bali pada 23-25 September 2022. Menghadirkan beberapa musisi orkestra dari Indonesia dan mancanegara sebagai pengajar, yaitu Dr. Nathania Karina (Indonesia) yang merupakan conductor & music director, Gabriel Laufer (Belgium) yang merupakan percussionist & educator, Chiya Amos (Singapore/Japan) yang merupakan conductor, serta Nitchan Pitayathorn (Thailand) yang merupakan Saxophonist & educator.

Referensi

Mutiah, D. (2019, September 6). IOEF 2019, Festival Orkestra Terbesar di Asia Tenggara Kembali Digelar di Jakarta. Liputan 6. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4056580/ioef-2019-festival-orkestra-terbesar-di-asia-tenggara-kembali-digelar-di-jakarta

Syakirah Badilah