Membuka Bisnis Kuliner Khas Indonesia di Luar Negeri, Apakah Laku?

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati sampai kapanpun, karena pada dasarnya pasti semua orang akan butuh makan untuk terus menjalani kehidupannya. Bisnis kuliner di Indonesia sendiri memang sudah banyak, tetapi peluang bisnis tersebut dapat kita perluas skala nya jika kita jeli melihat prospek dari bisnis tersebut. Salah satunya yang dapat kita manfaatkan adalah bisnis kuliner khas Indonesia di luar negeri. Loh, emang bakal laku kalau kita bisnis kuliner di luar negeri, apalagi kuliner khas indonesia? Di Indonesia aja belum tentu laku ini malah disuruh bisnis kuliner di luar negeri. Eitss… tunggu dulu, makanan Indonesia banyak kok disukai oleh orang asing, beberapa contohnya yaitu rendang dan nasi goreng. Dikutip dari laman infokomputer.grid.id, menurut versi CNN rendang dan nasi goreng menduduki peringkat pertama dan kedua sebagai “The World’s 50 Most Delicious Foods”. Kok bisa sih? Karena menurut mereka (orang asing) rendang memiliki rasa rempah yang unik serta memiliki cita rasa yang pas sehingga dapat mudah diterima oleh semua orang. Selain itu rasa dari rempah rendang sendiri tidak membuat enek bagi yang memakannya oleh karena itu banyak sekali orang asing yang suka dengan makanan yang satu ini. Lalu bagaimana dengan nasi goreng? Kalau nasi goreng sendiri mengapa bisa masuk kedalam peringkat “The World’s 50 Most Delicious Foods”, karena ternyata rempah nasi goreng Indonesia yang tidak ada di luar negeri. Selain itu, apapun topping yang digunakan untuk nasi goreng akan selalu terasa pas, dan nasi goreng juga dapat dimakan dengan aneka lauk pauk lainnya.

Tetapi, memang terdapat beberapa kekhawatiran dalam berbisnis kuliner Indonesia di luar negeri. Salah satu faktornya, yaitu kuliner Indonesia yang belum terkenal seperti layaknya kuliner khas Korea, Jepang, maupun Thailand. Jika dilihat dari hasil wawancara tim liputan6.com dengan Chef Degan Septoadji di Almond Zucchini, Jakarta Selatan, pada tahun 2019 silam, menurut chef yang pernah menjadi salah satu juri di Masterchef ini mengatakan bahwa kurangnya promosi dalam skala internasional yang membuat kuliner khas Indonesia ini kurang dikenal di kancah internasional. Selain itu, masakan dari negara lain seperti Vietnam, China, atau Jepang begitu bernama, sebab komunitasnya yang sudah besar di luar negeri dan juga komunitas tersebut sudah terbentuk sejak lama.

Namun sekarang kita tidak perlu khawatir sebab diaspora Indonesia di Meksiko kini melalui salah satu programnya telah bekerjasama dengan influencer dari televisia untuk mempromosikan kuliner Indonesia di Meksiko. Selain itu youtuber asal Indonesia seperti Jerome Polin pun turut mempromosikan makanan khas Indonesia kepada teman-temannya di Jepang loh! Dalam salah satu video youtube nya Jerome Polin mengajak penyanyi Jepang untuk mencoba makanan Indonesia. Selain video tersebut terdapat beberapa video Jerome yang mengajak teman-temannya untuk mencicipi makanan Indonesia bahkan hingga mengajak temannya untuk membuat makanan Indonesia bersama-sama. Dan juga bapak Menparekraf (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) kita, yaitu Sandiaga Salahuddin Uno turut mendorong para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner Indonesia yang tinggal di Selandia Baru untuk turut mempromosikan masakan nusantara. Dalam kesempatan virtual meeting nya dengan Dubes RI untuk Selandia Baru dan para pelaku kuliner Selandia Baru pada Kamis, 3 Juni 2021 yang lalu, Sandi menjelaskan bahwa kuliner Indonesia dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari mancanegara untuk berkungjung ke Indonesia. Oleh karena itu, ia mengajak para pelaku kuliner di Selandia Baru untuk dapat berkolaborasi dalam suatu program yang dapat memperkenalkan wisata serta kuliner Indonesia di Selandia Baru seperti usulannya, yaitu event food festival yang akan dilakukan dalam jangka waktu dekat sambil menunggu tahun 2022 agar event tersebut dapat dilakukan secara hybrid, virtual. Wah semoga dengan semakin banyaknya program pemerintah serta influencer ataupun youtuber yang mempromosikan kuliner kita di kancah internasional, maka orang asing akan semakin banyak yang tahu dan dapat menyukai kuliner khas negri kita ini. So, bagi kalian yang ingin membuka bisnis kuliner khas Indonesia di luar negeri jangan takut untuk mencobanya ya, karena kita tidak akan pernah tahu sukses atau tidaknya jika kita tidak mengambil peluang tersebut.

Reference

Zahra Auliya
Divisi Information Media Bekasi