Manfaat Penerapan Digitalisasi dalam Bisnis

Digitalisasi bisnis adalah proses mengubah komunikasi, interaksi, dan manfaat apapun di dalam bisnis dari yang konvensional menjadi digital. Dengan artinya, ini merupakan langkah agar bisnis tetap bertahan di tengah gempuran perkembangan teknologi yang canggih, tetapi banyak sekali kompetitor. Digitalisasi juga menjadi risiko manajemen perusahaan. Menurut Lucidchart, hanya ada sekitar 20-30% bisnis konvensional mampu bertahan tanpa melakukan perubahan arah digital. Oleh karena itu, mayoritas target pasar menyukai layanan yang berteknologi dengan alasan lebih praktis dan efisien. Berikut adalah manfaat digitalisasi dalam berbisnis; 

  • Produktivitas yang lebih tinggi

 Saat kita mengotomatiskan proses berulang secara manual, artinya kita membebaskan karyawan kita dari tugas pekerjaan yang monoton dan memungkinkan mereka untuk fokus pada inisiatif yang lebih sulit dan inovatif yang akan membantu fungsi bisnis kita lebih efisien. Dengan penggunaan digitalisasi, tugas dapat dikerjakan lebih cepat dan lebih sedikit resiko terjadinya kesalahan dalam pengerjaannya dan hal ini memungkinkan para karyawan memanfaatkan waktu mereka dengan lebih baik dalam penugasan di area perusahaan.

  • Mengurangi Biaya Operasional

Setiap pemilik bisnis memiliki tujuan yang sama yaitu menghemat waktu dan, yang lebih penting, uang. Tugas dan proses manual secara gambaran besar, pengerjaannya lebih lambat daripada aktivitas dan proses otomatis oleh penggunaan digitalisasi karena dilakukan satu per satu.

Proses yang tidak efisien membebani sebuah organisasi hingga 30% dari pendapatan tahunan mereka. Ketika prosedur bisnis dilakukan secara manual, ada kemungkinan sumber daya yang terbuang jauh lebih besar. Digitalisasi memungkinkan penggunaan sumber daya manusia perusahaan kita menjadi paling efisien dan hemat biaya. Digitalisasi berpotensi menghemat biaya operasional perusahaan hingga 90%.

  • Kualitas dan Konsistensi Perusahaan

Salah satu keuntungan dari penggunaan digitalisasi adalah menjamin bahwa setiap operasi dilakukan secara konsisten, menghasilkan output yang andal dan berkualitas tinggi. Karena jaminan kualitas dan konsistensi, serta manfaat waktu dan efisiensi, perusahaan dapat mulai merancang produk yang lebih berkualitas dan kaya fitur dengan sedikit atau tanpa peningkatan waktu dan biaya manufaktur.

  • Lebih Sedikit Kesalahan Manusia

Ketika operasi dilakukan secara otomatis oleh penggunaan teknologi digital, kemungkinan kesalahan manusia akan sangat berkurang. Dalam hal melakukan tugas, manusia lebih rentan terhadap kesalahan daripada mesin. Mesin tidak pernah lelah dan dapat bekerja terus menerus 24 jam sehari. Jadi, kita dapat menetapkan apa yang tidak ingin kita lakukan ke sistem komputer dan berkonsentrasi pada tugas yang lebih menantang atau tingkat kesulitannya lebih tinggi.

  • Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Proses digitalisasi  semakin pesat dan tidak dibatasi oleh ruang, waktu dan wilayah sehingga pengaksesannya tersaji secara tepat dan akurat. Digitalisasi dan manajemen informasi berjalan beriringan; sebagai informasi akan di analisis, kemudian itu berubah menjadi pengetahuan, dan pengetahuan mengarah ke keputusan yang lebih baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa digitalisasi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan perusahaan atau organisasi.

Demikianlah penjelasan dan manfaat dari penerapan digitalisasi dalam bisnis. Digitalisasi merupakan hal yang tidak dapat dihindari, terlebih dalam dunia yang serba canggih seperti saat ini. Bahkan, pandemi yang menimpa seluruh dunia juga menjadi salah satu penyebab bahwa kita sebagai pebisnis harus mulai beradaptasi, salah satunya dengan memanfaatkan digitalisasi. Pandemi yang tak kunjung usai ini berdampak bagi setiap bidang usaha, sehingga menuntut pebisnis untuk cermat dalam mengambil langkah dan mencari solusi demi melangsungkan bisnisnya agar terus berjalan. Nah, bagaimana teman-teman? Sudah lebih paham kan mengenai hal tersebut? Yuk, mulai terapkan digitalisasi dalam bisnismu sehingga akan meningkatkan produktivitas bahkan profit dalam bisnis!

Ditulis oleh: 

  • Angelia Azarya Sinaga (Divisi Entrepreneurship Bekasi) 2502050954
  • Kanyahita Setyo Wahjudi (Divisi Entrepreneurship Bekasi) 2440104624
  • Nadira Shilla Noegroho (Divisi Entrepreneurship Senayan) 2440088356

Referensi: 

Malak, H. A. (2022, August 15). 10 Untold Advantages of Digitalization That You Should Know! Information Management Simplified. Retrieved September 2, 2022, from https://theecmconsultant.com/advantages-of-digitalization/

Nisa (2022, June 16). Manfaat Digitalisasi Bisnis dan Langkah Penerapannya. inMarketing. Retrieved September 2, 2022, from https://inmarketing.id/digitalisasi-bisnis-adalah.html