DESSERT BOX USAHA ONLINE YANG MENGUNTUNGKAN

Dessert box yang sedang hits pada beberapa tahun terakhir membuat banyak orang ingin memulai usaha barunya. Dessert box sendiri merupakan makanan penutup berupa kue yang disimpan dalam kotak makanan membuat pecinta makanan manis dapat menikmati langsung tanpa harus meletakan ke atas piring. Selama masa pandemi Covid-19 banyak bermunculan penjual dessert box baru, hal ini membuat para penjual dessert box terlebih dahulu memiliki peningkatan daya saing.

Salah satu usaha penjual dessert box yang terkenal di daerah Serpong, Tangerang yaitu, Sweetdelish by Med yang sudah berdiri sejak kurang lebih 2 tahun. Usaha ini dibuat oleh Medita Aisyah Putri seorang mahasiswi yang gemar memasak dan berkreasi. Pertama kali menjual hanya menawarkan ke orang lain secara langsung dan sempat mengalami kegagalan dalam bersaing. Tetapi ia tidak menyerah untuk terus berinovasi, sampai akhirnya banyak konsumen yang menyukai dessert boxnya. Awal mula memberanikan diri mempromosikan jualannya melalui akun instagram pribadi dan dibantu dengan teman-teman dekatnya.

Seiring berjalannya waktu dessert boxnya mulai dikenal luas banyak orang, ia pun sempat mendapatkan pesanan dessert boxnya sebagai hidangan dalam acara. Menu dessert box yang ditawarkan ada 11 menu terdiri dari 3 ukuran. Menu dessert boxnya berbahan pudding, bolu atau kue yang berisi topping lainnya, serta dibalut dengan cream cheese khas Sweetdelish by Med. Menu favoritnya adalah Dark choco moist dan Crunchymaltine. Rasa dessert box yang seimbang membuat konsumen tidak terlalu merasa kemanisan dan dapat merasakan kenikmatan tiap layernya.

Harga yang dibandrol mulai dari Rp 12,000 – Rp 40,000. Sweetdelish dapat dipesan online melalui akun Instagram @sweetdelish_bymed atau melalui applikasi Grabfood dan Gofood. Ia juga menawarkan paket ulang tahun, promosi selama satu bulan sekali, giveaway dan lainnya.

https://www.instagram.com/sweetdelish_bymed/

Mempertahankan konsistensi penjualan dan meningkatkan kualitas membuat sweetdelish mampu bersaing ketat dengan pengusaha dessert box yang lebih dikenal sebelumnya hingga ia terus dikenal banyak orang. Walaupun banyak para pengusaha dessert box baru bermunculan selama pandemi, bukan menjadi hambatan bagi dirinya sendiri. Medita pun turut senang dengan kehadiran para pelaku usaha baru demi mempertahankan perekonomian selama pandemi ini. Dirinya terdorong untuk meningkatkan menu baru serta konten penjualannya setiap hari.

Ketika gagal teruslah berusaha dan lihat awal perjuangan membangun usaha hingga memiliki awal cerita penjualan walaupun dengan hasil sedikit. Cukup melihat perjuangan awal cerita sesaat untuk meningkatkan semangat berjuang baru. Serta dorongan dari sahabat dan kerabat sekeliling. Hal ini mampu memotivasi dalam bertahan dengan usaha. Melihat masa lalu memang menyakitkan, kesakitan itu membuat kita semakin memahami akan kualitas diri atau usaha dengan mencari cara jalan keluar untuk meningkatkan produk. Kegagalan harus dirasakan sebagai penilaian perjuangan pelaku usaha sendiri dalam berjualan.

Sebanyak apapun pesaing yang ada kita harus beradaptasi dengan keadaan baru, meningkatkan kreativitas, daya tarik menawarkan produk dan bersikap jujur dengan kualitas yang ditawarkan. Dengan begitu membuat konsumen dapat percaya dan menikmati produk kita sendiri setiap harinya.

Penulis : Azzahra Ghaniyya Risqita

Nim : 2301922801

Public Relation Alam Sutera