Metode yang Mendukung Jalannya Bisnis Disaat Pandemi Covid-19


Seperti yang kita ketahui saat ini banyak sekali usaha atau bisnis yang terhambat oleh adanya pandemi Covid-19. Banyak pengusaha yang harus memutar otak kembali agar bisnisnya bisa berjalan dengan baik tanpa menghilangkan bagian-bagian yang mendukung bisnisnya seperti karyawan-karyawannya. Sebagai seorang wirausaha kita harus memaksimalkan kemampuan kita untuk mencari peluang bisnis terutama disaat seperti ini. Kita harus tau apa yang banyak dibutuhkan oleh konsumen dan produk apa yang dapat memberikan manfaat yang optimal disaat pandemi Covid-19 ini.

Peluang bisnis akan selalu ada tanpa melihat jenis atau industri bisnis kita. Kita hanya perlu mencari metode yang tepat untuk kita gunakan agar bisnis kita dapat berjalan dengan baik. Contohnya, jika kita memiliki bisnis dibidang jual beli makanan, pakaian, atau apapun itu kita dapat memanfaatkan penjualan secara digital dan semua pembayaran dilakukan secara digital. Kita dapat bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki akses pembayaran digital seperti Go-Pay, OVO, Dana, ShopeePay, dan lainnya.

Metode pemasaran pun harus kita perhatikan dengan baik. Aplikasi yang sedang banyak digunakan oleh masyarakat dapat kita gunakan untuk memasarkan produk kita. Contohnya adalah TikTok, aplikasi ini sedang banyak digunakan oleh masyarakat dan kita pun bisa memasarkan produk kita dengan membuat konten yang menarik agar masyarakat pun tertarik untuk membeli produk kita. Maka dari itu, kita sebagai wirausaha harus bisa melihat semua peluang dari berbagai macam kategori agar dapat membuat bisnis kita kembali berjalan seperti semula dan jangan pernah pesimis untuk mencari celah peluang bisnis kita.

Annisa Eka Suci A
PR(Bekasi)