6 Tips Untuk Memulai Bisnis Anda Sendiri

Dewasa ini banyak orang yang sangat ingin memulai bissns sendiri, namun terkadang kita tidak dapat menampik bahwa hal ini bukanlah perkara mudah. Terdapat beragam hal dalam membangun sebuah bisnis sendiri seperti modal, tenaga kerja, lokasi dll. Hal-hal inillah yang terkadang menyurutkan niat-niat para calon Entrepreneur baru untuk memulai usahanya sendiri.
Berikut ini adalah 6 tips untuk memulai bisnis anda :
1. Gairah (Passion)
Tanpa adanya gairah atau passion dalam memulai suatu bisnis maka bisnis tersebut akan terasa hambar adanya, oleh sebab itu sebelum mulai membuka suatu usaha ada baiknya kita dapat mengetahui terlebih dahulu apa yang merupakan gairah kita dalam berbisnis, tidak usah terlalu jauh mencari, cukup melalui misalnya hobi yang kita senangi atau jika anda suka kecantikan, maka juallah kosmetik, dan jika anda suka kue kering maka jual lah kue kering.

2. Riset Pasar (Market Research)
Mungkin anda pernah mendegarnya sebelumnya, yah sebelum memulai suatu bisnis maka hal inilah yang berikutnya harus anda lakukan, yaitu mecari tahu hal-hal apa saja yang sangat diinginkan atau dibutuhkan oleh seorang konsumen di pasar, cobalah untuk mulai menyebar angket online yang dapat merepresentasikan kira-kira keinginan dari konsumen di pasaran.

3. Menyelidiki Produk
Setelah belajar tentang apa yang Anda ingin jual, saatnya untuk melakukan beberapa pencarian produk. Jika Anda berencana untuk menjual barang, Anda lebih baik mencari pemasok yang terpercaya. Jika Anda menjual jasa, ada hal-hal tertentu yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis semacam ini.

4. Menyebarkan Berita
Jika Anda mempertimbangkan menjual jasa seperti menjadi wedding planner, fotografer, atau mungkin seorang fashion stylist, apa yang perlu Anda lakukan adalah menyebarkan berita dan memamerkan bakat Anda. Sebuah ide bisnis kecil seperti ini sangat mudah dilakukan karena semuanya sekarang dapat diakses secara online. Anda dapat menggunakan Media sosial seperti: Facebook, Instagram, Twitter atau YouTube untuk membangun pasar Anda dan memicu sebuah kata strategi mulut. Media online adalah langkah utama dalam kewirausahaan dan inovasi.

5. Berhubungan dan Melayani
Sebuah ide bisnis kecil dapat menjadi lebih besar jika klien atau pelanggan akan datang kembali bukan hanya karena produk Anda, tetapi juga karena layanan Anda. Layanan pelanggan adalah hal yang penting untuk memajukan bisnis Anda. Apakah Anda melayani klien Anda secara online atau secara tatap muka. Selalu ada ruang bagi Anda untuk menghubungkan dan melayani dengan cara terbaik yang bisa Anda lakukan.

6.Explore dan Do More
Sebuah ide bisnis kecill tidak boleh tinggal kecil tapi malah harus melampaui cakrawala. Kegagalan sedikit tidak lantas menghentikan langkah Anda.  Anda harus menggali ke dalam labirin kewirausahaan dan inovasi. Ingatlah untuk selalu memiliki keunggulan atas pesaing dan menawarkan penawaran yang unik dan produk yang akan menarik lebih banyak pelanggan.

Disadur dari http://www.iskandarst.com/6-tips-untuk-memulai-bisnis-anda-sendiri/ dengan sedikit perubahan.
penulis : Iskandar ST