Mau Sukses Lebih Cepat? Investasi, Bukan Imajinasi

B-Preneur, BEKASI – Saat ini, investasi bukan lagi hal yang asing dan hanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki penghasilan yang besar. Mahasiswa juga bisa, lho, investasi dengan modal kecil. Kita tidak harus memulai berinvestasi dengan modal yang besar dan jenis investasi yang rumit. Untuk mahasiswa, kita bisa memulai dari jenis investasi yang ringan lebih dulu. Dari pada menggunakan uang jajan untuk membeli barang yang tidak terlalu penting atau nongkrong, lebih baik alokasikan uangmu untuk diinvestasikan.

Kenapa, sih, harus investasi? Emangnya nabung aja gak cukup?”, “Nanti aja deh, belum ngerti apa-apa”. Pola pikir seperti ini yang harus kita ubah, bahwa investasi dilakukan karena kita sadar akan pentingnya mengelola keuangan sejak dini untuk membantu keuangan dan kesuksesan di masa depan nanti.

“Jadi, apa aja manfaat dari investasi untuk mahasiswa?”

  • Sumber keuangan yang baru

Berbeda dengan menabung dimana uang kita tetap dan tidak bertambah nilainya, kita memperoleh jumlah dan nilai uang yang lebih besar saat kita investasi karena setiap berinvestasi, akan ada bunga dan dividen yang diberikan untuk kita sebagai investor. Selain itu, kita tidak perlu repot dalam berinvestasi karena uang yang bekerja untuk kita. Jadi, berinvestasi merupakan cara untuk memperoleh sumber pendapatan yang baru.

  • Finansial masa depan lebih terjamin

Ketika kita berinvestasi, artinya kita sudah memikirkan keuangan di masa depan. Jika kita berinvestasi dari sekarang, kita tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mencapai keinginan di masa depan (membeli rumah dan mobil, modal bisnis, dana pensiun, dan dana untuk kepentingan lainnya) karena memang investasi bersifat jangka panjang. Semakin cepat berinvestasi, semakin banyak hasil diperoleh dengan nilai uang yang lebih tinggi di masa depan. Artinya, ketika mulai berinvestasi sekarang juga, kita lebih cepat sukses mencapai apa yang kita inginkan.

  • Belajar perencanaan jangka panjang

Investasi bersifat jangka panjang sehingga butuh perencanaan yang matang sesuai dengan tujuan investasi kita. Dengan berinvestasi, kita memiliki pola pikir yang jauh ke depan, bukan memikirkan kepentingan saat ini saja. Kita juga harus terus mengelola dan komitmen untuk selalu berinvestasi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan diri sendiri. Misalnya, kita mau berinvestasi dengan tujuan investasi untuk membeli rumah 10 tahun kemudian. Kita bisa memperkirakan pada 10 tahun mendatang, berapa kira-kira harga rumah di lokasi yang diinginkan sehingga kita bisa mengetahui berapa banyak uang yang harus diinvestasikan saat ini untuk setiap berapa periode supaya di 10 tahun mendatang kita bisa membeli rumah yang diimpikan.

“Kalau mau mulai, investasi apa ya yang cocok untuk mahasiswa?”

Instrumen investasi sangat beragam dengan jumlah modal yang beragam juga. Nah, ada beberapa instrumen investasi yang cocok untuk mahasiswa disesuaikan dengan karakter dan kondisi finansialmu:

  1. Reksadana

Reksadana adalah salah satu instrumen investasi yang mudah dan cocok untuk mahasiswa. Instrumen ini juga cocok untuk investor pemula yang ingin belajar saham, obligasi, dan jenis investasi lainnya. Reksadana menjadi pilihan investasi yang tepat karena ada Manajer Investasi (MI) yang membantu mengelola keuangan kita sehingga tidak perlu repot mau menanamkan uang di mana. Manajer Investasi juga mengelola uang kita dengan profesional dan transparan sehingga tidak perlu takut, asalkan kita memilih perusahaan sekuritas yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, reksadana juga cocok untuk mahasiswa karena tidak perlu modal yang besar, dimana modal kita akan digabungkan dengan modal orang lain, kemudian modal yang telah digabungkan inilah yang diinvestasikan ke perusahaan-perusahaan dan akhirnya kita akan memperoleh keuntungan sesuai dengan bunga yang ditentukan. Investasi ini termasuk aman dan minim risiko, lho!

  1. Deposito

Pada instrumen investasi deposito, kita menyimpan uang kita di bank sehingga bank yang mengelola uang kita. Kita dapat menyetor dan menarik uang pada waktu tertentu saja, sesuai dengan periode yang telah ditentukan. Deposito menawarkan suku bunga yang lebih tinggi daripada jika hanya menabung. Jangka waktu untuk deposito dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu; 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Deposito termasuk aman, paling umum & populer, serta minim risiko.

  1. Emas

Emas juga cocok untuk investor pemula seperti mahasiswa karena memilik risiko terdampak inflasi yang rendah serta bersifat likuid, yang artinya mudah diperjualbelikan kapan saja dan dimana saja. Emas juga stabil dan cenderung mengalami kenaikan harga dari tahun ke tahun. Saat ini, investasi emas semakin mudah dilakukan karena dapat berbentuk fisik maupun nonfisik serta dapat dilakukan secara offline maupun online (tabungan emas pegadaian, Tokopedia, Gojek, dll.). Tingkat risiko berinvestasi di emas juga sangat kecil.

  1. Trading Saham

Sekarang pandangan terhadap trading saham masih dianggap hal yang berisiko tinggi dan sulit dilakukan. Namun, sebagai seorang mahasiswa, kita dapat membeli saham dalam jumlah yang sedikit dulu. Rugi-untungnya kita tergantung pada kondisi saham perusahaan yang kita pilih. Kita bisa saja mendapat tingkat pengembalian yang tinggi dengan risiko rendah, asalkan kita mengetahui kondisi pasar dan perusahaan yang kita beli sahamnya.

Nah, itulah tiga manfaat mengapa sebagai seorang mahasiswa harus mulai berinvestasi sekarang serta empat instrumen investasi yang bisa kalian coba. Selamat berinvestasi!

Referensi:

Anggraeni, R. (2020, October 26). Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa agar Jadi Crazy Rich. Retrieved November 10, 2020, from https://economy.okezone.com/read/2020/10/26/622/2299639/investasi-yang-cocok-untuk-mahasiswa-agar-jadi-crazy-rich?page=2

Dewantoro, A. (2020, October 21). Raih Cuan Semuda Mungkin, Nih 7 Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa. Retrieved November 10, 2020, from https://gopinjol.com/investasi/investasi-untuk-mahasiswa/

Lestari, E. V. (2019, November 12). 5 Investasi Buat Mahasiswa yang Bisa Bikin Kaya di Masa Tua. Retrieved November 10, 2020, from https://www.cekaja.com/info/5-investasi-untuk-mahasiswa-dan-pemula

P., W. (2020, May 14). 5 Alasan Kenapa Anak Muda Harus Mulai Mendanai Sekarang.

Retrieved November 10, 2020, from https://koinworks.com/blog/anak-muda-harus- mulai-berpengalokasian-dana/

Ramadhani, N. (2020, April 14). 4 Pilihan Investasi Untuk Mahasiswa. Retrieved November 10, 2020, from https://www.akseleran.co.id/blog/investasi-untuk-mahasiswa/

Ilustrasi poster https://iconscout.com/illustration/concept-of-investment-and-saving-money-2112516

Felia Evangelista
Divisi IM Bekasi